Simulasi dan Pendampingan SiMAYA pada Dinas Dikbud Kobar

MMC Kobar - Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) sudah mulai disosialisasikan pada Pemkab Kobar oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) sejak 2019 dengan Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) sebagai fasilitatornya. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemkab Kobar telah mengeluarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kobar nomor : 555/80/DKISP-II/II/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Pemanfaatan Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA).

Pada Selasa (4/8), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar menggelar simulasi SiMAYA sebagai aplikasi tata naskah dinas elektronik. Simulasi ini didampingi langsung oleh Diskominfo Kobar bertempat di aula Dinas Dikbud. Hadir dalam kegiatan ini yakni Kadis Dikbud Kobar, sekdis, seluruh kabid, kasi/ kasubbag beserta 1 orang staf, seluruh kacabdis beserta 1 orang staf, ketua K3S dan ketua MKKS.

(Baca Juga : Tambah Pengetahuan dan Pemahaman Jabatan Fungsional, DKP Kobar Ikuti Sosialisasi Jabatan Fungsional AKP)

Kabid Pengelolaan Data Statistik dan Layanan E-Government Diskominfo Kobar, Zeno Hendra Kurniawan yang didampingi kasi dan staf berjumlah 5 orang secara langsung mendampingi peserta simulasi. Seluruh peserta antusias menghadapi laptop ataupun gadget masing-masing dalam melakukan simulasi SiMAYA.

Sekretaris Dinas Dikbud, Kartono yang membuka acara menyambut baik kegiatan sosialisasi sekaligus simulasi ini dan berharap SiMAYA dapat diterapkan keseluruhan pada Dinas Dikbud termasuk 6 Cabdis Dikbud Kecamatan serta mencakup satuan pendidikan/ sekolah kedepannya secara bertahap.

“Kami berharap SIMAYA dapat membantu administrasi perkantoran atau surat menyurat di lingkungan Dinas Dikbud supaya akses surat, misalnya undangan ke CABDIS Kecamatan atau Sekolah bisa langsung direspon dengan cepat. Dengan aplikasi ini juga kita harapkan informasi yang sifatnya segera bisa langsung sampai ke tujuan, hemat waktu-tenaga-biaya,” harap Kartono.

Menurut Zeno Hendra Kurniawan dasar munculnya aplikasi SiMAYA ini sebenarnya bersumber pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penggunaaan Aplikasi SiMAYA Pada Instansi Pemerintah.

“SiMAYA merupakan aplikasi generik nasional yang dibangun oleh Kemenkominfo RI untuk dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan administrasi surat menyurat secara elektronik sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas serta tertib administrasi. Dinas Kominfo akan terus melakukan sosialiasasi dan pendampingan SiMAYA sesuai harapan Pemkab kobar yang tertuang dalam surat edaran Sekda Kab Kobar,” ungkap Zeno.

Sementara itu, Kadis Dikbud, M. Rosihan Pribadi yang menyempatkan untuk ikut andil dalam simulasi ini mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kobar atas pendampingan simulasi aplikasi SiMAYA ini.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo atas pendampingan simulasi aplikasi SiMAYA kepada Dinas Dikbud. Semoga pendampingan ini bermanfaat dan kami di kantor bisa segera menerapkan dalam kegiatan sehari-hari tanpa kendala,” pungkas Rosihan. (humas disdikbud kobar)