Sekda Suyanto Ikuti Evaluasi Program Strategis Kegiatan Pemerintah Daerah

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Evaluasi Program Strategis Kegiatan Pemerintah Daerah. Diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (24/1/2022) secara virtual. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Suyanto mengikuti kegiatan ini melalui video teleconference dari ruang rapat Sekretariat Daerah didampingi Staf Ahli Bupati dan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

Dipimpin oleh Mendagri, ada beberapa agenda yang dibahas yang terutama ialah  terkait pencegahan tindak pidana korupsi. Mendagri Tito Karnavian mengatakan jika pemberantasan korupsi membutuhkan sebuah orkestrasi dengan menciptakan sistem integritas nasional. 

(Baca Juga : Menkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Akan Dimulai Pekan Depan)

Selain Mendagri dan ketua KPK, dalam kegiatan ini menghadirkan Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah LKPP Abdullah Azwar Anas sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini Azwar menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah .

"Presiden RI terus mendorong untuk tingkatkan penggunaan produk dalam negeri, beri ruang lebih bagi UMKN dan Koperasi, percepat penyerapan APBN/APBD,” kata Azwar. 

Azwar Anas juga menyampaikan, saat ini orientasi LKPP adalah memudahkan stakeholder dalam menjalankan/mengakses belanja pemerintah, terutama untuk memprioritaskan produk dalam negeri, UMKM dan Koperasi.

“Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal LKPP bersama para marketplace mengembangkan toko daring serta e katalog, seluruh pemda diharapkan dapat menjalankan e katalog. Selain itu ada toko daring, yang dinamakan Bela pengadaan untuk UMKM. Tujuan dari semua ini agar investasi akan tumbuh, lapangan pekerjaan akan terbuka dan daerah semakin sejahtera,”ucapnya. (ribut/edt:mri)