Sebanyak 26 Pelajar SDN 2 Sidorejo Ikuti Wisata Pustaka dan Read Aloud di Dispursip Kobar

Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah saat sosialisasi layanan perpustakaan

MMC Kobar - SDN 2 Sidorejo menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam kegiatan wisata pustaka dan bimbingan pemustaka. Dimana, kunjungan wisata pustaka ke Dispursip Kobar ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh SDN 2 Sidorejo setiap hari Jumat sejak Bulan September dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan minat baca pada anak-anak. 

Kunjungan wisata pustaka SDN 2 Sidorejo Kelas 6A yang berjumlah 26 orang dan 1 guru pendamping ini disambut secara langsung oleh Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah dan Tim Pustakawan Dispursip Kobar di Aula Harmoni, Jumat (27/9). 

(Baca Juga : Dispar Launching Video Promo Wonderful Indonesia di Kampung Sega)

Kegiatan Wisata pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Ada 2 sesi yang dilaksanakan pada kegiatan wisata pustaka yaitu sosialisasi perpustakaan, wisata pustaka dan read aloud .

Pada sesi 1, Pelajar SDN 2 Sidorejo terlebih dahulu diberikan sosialisasi perpustakaan oleh Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah di Aula Harmoni Dispursip Kobar. Dispursip Kobar memiliki banyak layanan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, seperti keanggotaan dan bisa meminjam koleksi perpustakaan  sebanyak 2 eksemplar selama 1 minggu. Untuk diketahui, perpustakaan daerah juga memiliki layanan ekstensi yaitu Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Taman Kota Manis Pangkalan Bun.

Read Aloud buku “Panen Istimewa” penulis Yovita Siswati

“Di Pocadi, pemustaka dapat memanfaatkan koleksi bahan pustaka, Alat Peraga Edukatif (APE) serta Layanan Komputer dan Internet secara gratis,” ungkap Zokhratus.

Selanjutnya, pada sesi 2 pelajar SDN 2 Sidorejo diajak untuk mendengarkan read aloud yang dibawakan oleh Linna Diana dengan judul “Panen Istimewa” penulis Yovita Siswati. Setelah Read Aloud, Pelajar SDN 2 Sidorejo diajak berkeliling melihat ruang layanan perpustakaan. 

Pelajar SDN 2 Sidorejo yang berjumlah 26 orang dibagi menjadi 5 kelompok. Dimana, setiap kelompok akan diberikan tugas membuat yel-yel dan membuat kajian teks sederhana buku yang ingin di resume. Dalam kajian teks sederhana, pelajar diminta untuk menentukan judul, penulis dan ilustator, tema, genre, tokoh karakter, latar tempat, latar waktu, alur, kosa kata sulit/baru menurut siswa dan pengajuan pertanyaan tentang buku dan diluar buku.

Dengan adanya wisata pustaka ini diharapkan pelajar SDN 2 Sidorejo semakin mengenal perpustakaan, dapat meningkatkan kualitas dan mengembangkan minat baca pelajar. Selain itu, pelajar tidak merasa asing memanfaatkan berbagai jenis layanan yang ada di perpustakaan secara gratis. Setelah kegiatan wisata pustaka berlangsung, SDN 2 Sidorejo mengabadikan momen dengan sesi foto bersama Pustakawan di Halaman Dispursip Kobar.

Sesi Foto Bersama Pelajar SDN 2 Sidorejo