Satgas Saber Pungli Kobar Siap Tindaklanjuti Arahan Kasatgas Siber Pungli Pusat

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat saat mengikuti Video Conference dengan Kepala Satgas Saber Pungli Pusat di Ruang Vicon/ Aula Satyahaprabu Polres Kobar, Pangkalan Bun, Rabu (13/5).

MMC Kobar - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Video Conference (Vicon) dengan Kepala Satgas Saber Pungli Pusat di Ruang Vicon/ Aula Satyahaprabu Polres Kobar, Rabu (13/05). Vicon ini diikuti seluruh Satgas Saber Pungli yang ada di Indonesia, baik di kementerian/lembaga, provinsi ataupun tingkat kabupaten/kota.

Kasatgas Saber Pungli Pusat memberikan beberapa arahan kepada Satgas saber Pungli yang ada di daerah. Salah satu tugas Satgas Saber Pungli membantu pemerintah menjaga tidak terjadi pungli pada sentra-sentra pelayanan masyarakat. Selain itu agar dalam tugasnya Satgas Saber Pungli tetap mendukung pencegahan terutama diarahkan pada percepatan penanganan Covid-19.

(Baca Juga : Percepat Progres Desa Mandiri Benih, LEM Kobar Siapkan Lahan Kebun Entrees 3 Ha)

“Saber Pungli harus membantu menjaga agar tidak terjadi pungli pada sentra pelayanan masyarakat dan juga mendukung pada percepatan penanganan Covid-19.” kata Komjen Agung Budi Maryoto, Kasatgas yang baru dilantik 2 hari yang lalu menggantikan Komjen Pol Moechgiyarto.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kobar, Kompol Boni Ariefianto menyatakan siap menidaklanjuti arahan Satgas Saber Pungli Pusat. “Kami siap menindaklanjuti arahan Pusat,” ujarnya saat mengikuti Vicon.

Perlu diketahui, saat ini sudah terbentuk 492 Satgas Saber Pungli tingkat kabupaten/kota se-Indonesia. Di Kabupaten Kobar sendiri Satgas Saber Pungli sudah terbentuk sejak Tahun 2016 setelah Perpres Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli terbit.  

Satgas Saber Pungli Kobar telah melakukan Pengawasan pada  tingkat kabupaten dan sosialisasi saber pungli ke kecamatan dan desa-desa di wilayah Kabupaten Kobar melalui Bhabinkantibmas. (inspektorat kobar)