Sambut Harganas ke-30, Dinas P3AP2KB Kobar Adakan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Seluruh Kecamatan

Kepala Dinas DP3AP2KB Kobar Agus Basra saat melakukan Monitoring Pelaksanaan Pelayanan KB di salah satu Faskes pada Rabu (14/6/2023)

MMC Kobar – Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, Dinas Pembedayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskes), Rabu (14/6).

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta menyampaikan, target pelayanan KB kali ini sebanyak 1673 akseptor. Agus optimis pelayanan KB Sejuta Akseptor kali ini dapat mencapai target yang sudah ditetapkan.

(Baca Juga : Juara I Selekda Tingkat Provinsi, Peserta Dari Kobar Ikuti Seleknas ASC XIII di BBPLK Serang)

“Kegiatan Pelayanan Sejuta Akseptor ini diharapkan dapat meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang, karena metode KB ini yang paling baik digunakan untuk mewujudkan Keluarga Sejahtera,” kata Agus Basra.

Calon Akseptor KB di salah satu faskes

“Ini merupakan momen penting dalam upaya pencapaian Keluarga yang Berkualitas,” imbuhnya. 

Pelayanan KB Sejuta Akseptor ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan serentak di enam kecamatan dan melibatkan fasilitas kesehatan (Faskes) termasuk jaringan dan jejaringnya. Tujuannya untuk meningkatkan capaian pelayanan KB serta keberlangsungan pemakaian kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur (PUS).

Pelayanan KB yang dilayani adalah semua jenis kontrasepsi (MOP,MOW, IUD, implan, suntik, pil KB, kondom) dengan melibatkan 45 faskes di 18 lokus puskesmas. (aw/dp3ap2kb-kobar)