RTIK Bantu Berdayakan Masyarakat Kobar

MMC Kobar - Rapat pembentukan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kotawaringin Barat (Kobar) yang digagas dan dihadiri oleh sukarelawan beserta penggiat TIK Kobar digelar di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar, Sabtu (3/2).

RTIK Kobar merupakan mitra pemerintah daerah untuk turut mensukseskan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kobar dalam memacu percepatan penerapan TIK di kecamatan dan desa. 

(Baca Juga : Bapenda dan Tim Yustisi Kobar Sisir Reklame Serentak di 3 Kecamatan)

Alfret Mongi selaku Ketua RTIK Kobar yang terpilih berdasarkan suara terbanyak pada rapat itu mengatakan bahwa peran RTIK ini sangat penting untuk membina dan mendampingi desa yang ada di Kobar agar melek IT, sehingga semua informasi yang dimiliki oleh desa dapat dengan mudah terekspos secara online.

Tidak hanya itu saja, RTIK Kobar juga akan ikut berperan dalam membangun penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik di Kobar.

Program kerja jangka pendek RTIK Kobar akan dibahas secara bersama-sama dalam waktu dekat yang melibatkan unsur pemerintah daerah, masyarakat dan penggiat IT di Kobar.

“Dalam waktu dekat, RTIK Kobar akan mengadakan pertemuan kembali untuk membahas program kerja dan kegiatan, RTIK juga akan dibentuk di kecamatan dan desa,” terang Alfret Mongi.

Dengan terbentuknya RTIK Kobar, diharapkan dapat menjadi jembatan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam pengelolaan TIK di daerah. (Humas Diskominfo Kobar)