Rangkaian Kegiatan dalam Rangka Peringatan Harkopnas ke-76 di Kobar

Anggota Dekopinda dan Kadis Perindagkop UKM Kobar

MMC Kobar - Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) merupakan salah satu perayaan penting yang diperingati pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya. Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Koperasi Indonesia yang ke-76 tahun. 

Pada tahun ini juga Disperindagkop UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan berbagai rangkaian acara, yaitu upacara ziarah makam-makam pahlawan, ziarah makam raja-raja Kotawaringin dan berbagai macam lomba.

(Baca Juga : Persiapkan Bentuk Tim Uji Kompetensi Jabatan Funsgional Tenaga Kesehatan, Dinkes Kobar Rakor bersama Organisasi Profesi)

Rangkaian kegiatan lomba Hari Koperasi ini diawali dengan lomba dayung yang diadakan Embung Danau Asam, Kotawaringin Lama dan diadakan selama 2 hari pada tanggal 8-9 Juli 2023. Peserta lomba terdiri dari 20 tim dayung se-Kobar. Selain diadakan lomba untuk kelas umum, kelas lainnya juga diperuntukkan untuk anak-anak dan wanita. Dalam ajang tersebut, tim Raja Sebrang menjadi juara umum dalam kategori semua kelas.

ASN Disperindagkop UKM Kobar mengikuti upacara ziarah makam pahlawan

Sedangkan untuk rangkaian kegiatan upacara dan ziarah makam para pahlawan Kotawaringin Barat pada tanggal 12 Juli 2023 yang diikuti oleh pengurus Dekopinda, pengurus gerakan koperasi dan ASN Disperindagkop UKM.

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kobar Alfan Khusnaini mengatakan melalui kegiatan ziarah ini diharapkan kita selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan terutama bapak koperasi kita. “Dengan segala kerendahan hati kita mendoakan beliau beserta seluruh pejuang kemerdekaan khususnya para pahlawan dari Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kobar Gusti Nuraini menambahkan bahwa kami sebagai generasi penerus wajar untuk menghargai dan menghormati beliau yang telah mendahului kita. 

“Mengingat betapa beratnya pejuang dahulu mempertahankan Negara Indonesia ini untuk membela kemerdekan. Dirgahayu koperasi Indonesia yang ke-76 tahun 2023, semoga koperasi Indonesia tetap jaya,” ucapnya.

Pada tanggal 14 Juli 2023 diadakan ziarah makam raja-raja di gubah besar Kotawaringin Lama yang diikuti oleh pengurus Dekopinda, Dinas Perindagkop UKM, sekcam, lurah Kotawaringin hulu dan hilir, pengurus koperasi Mitra Bahaum, pengurus koperasi Tanjung Biru, PKK kelurahan, tokoh masyarakat dan zuriat kesultanan Kutaringin, dilaksanakan di makam Kuta Tanah.

Kerajaan Kutaringin merupakan cikal bakal Kabupaten Kobar dan Kotawaringin Timur. Dalam perkembangannya setelah masa kemerdekaan RI, Kerajaan Kutaringin menyerahkan kekuasaannya kepada pemerintah sehingga menjadi Kabupaten Kotawaringin. Ziarah ini dimaksudkan untuk memberikan doa dan penghargaan kepada para tokoh cikal bakal bendirinya Kobar. Selain itu juga untuk melestarikan budaya lokal, membiasakan masyarakat menghargai para tokoh. 

Rangkaian kegiatan berikutnya pada Minggu 16 Juli 2023 yakni acara jalan sehat dan senam Zumba dengan doorprize utama sepeda motor Mio dan berbagai macam hadiah menarik lainnya, yang dilaksanakan di Kecamatan Kotawaringin Lama.

Acara puncak akan dilaksanakan di lapangan sepak bola Karya Jaya Kotaringin Hilir Kecamatan Kotawaringin Lama pada 17 Juli dirangkai dengan lomba masak di aula kecamatan dan rapat kerja di kantor koperasi mitra Bahaum Kotawaringin Lama. (disperindagkop ukm)

Para anggota Dekopinda, ASN Diseprindagkop UKM ziarah makam raja-raja