Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-turut, Pemkab Kobar Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Sekda Kobar Suyanto didampingi dinas terkait mengikuti Rakenas Akutansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 secara daring di ruang rapat kantor BPKAD, Kamis (22/9/2022)

MMC Kobar - Atas prestasinya meriah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, Pemerintah Kabupaten (pamkab) KOTAWARINGIN Barat (Kobar) menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Penghargaan diserahkan dalam puncak acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akutansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022.

Dalam kegiatan yang digelar secara daring dan luring ini, Kemenkeu memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang meraih predikat opini WTP minimal  5 kali berturut turut untuk laporan keuangan tahun 2017-2021  dari BPK RI. Kabupaten Kobar merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kategori tersebut.

(Baca Juga : Jemput Bola Adminduk di Desa Sungai Rangit Jaya)

Rakernas ini diikuti secara virtual oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar yang didampingi dinas terkait dari ruang rapat kantor BPKAD, Kamis (22/9). Rakernas ini digelar dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat kinerja pemerintah pusat dan daerah serta menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat  kepada para menteri dan pimpinan lembaga serta pemerintah daerah yang telah menyampaikan laporan keuangan dengan baik sebagai bagian dari akuntabilitas publik, sehingga memperoleh opini WTP dari BPK.

Sri mulyani juga mengingatkan kepada para penerima WTP agar tidak merasa puas dan terlena namun tetap semangat dalam mempertahnakan prestasi tersebut. “Hal itu merupakan sebagai bagian dari komitmen nyata transparansi akuntabilitas publik” kata Sri Mulyani.

Selain pemberian penghargaan terhadap entitas pelaporan, dalam rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 19 September 2022 ini, Kemenkeu juga menggelar berbagai kegiatan, seperti aneka lomba dan webinar. Adapun tema yang diangkat kali ini ialah "Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat,Bangkit Lebih Kuat". (prokom kobar)