Pj Bupati Kobar Buka Festival Bahasa dan Budaya Daerah Tingkat SD dan SMP

Penjabat (PJ) Bupati Kobar Anang Dirjo menghadiri sekaligus membuka secara resmi Festival Bahasa dan Budaya Daerah di Rumah Betang, Senin (17/10).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara Festival Bahasa dan Budaya Daerah Tingkat SD dan SMP di Rumah Betang Desa Pasir Panjang pada Senin (17/10). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo dan dihadiri perwakilan Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek RI, Syaiful Bahri.

Dalam sambutannya Anang dirjo mengatakan, bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. selain sebagai instrumen utama dalam berkomunikasi, bahasa juga menunjukkan identitas suatu bangsa yang menjadi ciri khasnya.

(Baca Juga : DKP Kobar Kembali Bagikan Bibit Sayuran dan Panen Hidroponik Gratis)

“Bahasa daerah sebagai warisan budaya lokal harus tetap dilestarikan, terutama bagi para generasi muda sebagai pilar utama bangsa indonesia saat ini,” ujar Anang Dirjo.

Lebih lanjut Anang mengatakan, Festival Bahasa Daerah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan perhatian penuh pemerintah dalam upaya bersama melestarikan salah satu keberagaman bahasa daerah.

“Semoga melalui festival ini dapat menjadi tunas untuk kita berupaya melestarikan dan menjaga keragaman budaya termasuk bahasa daerah lainnya di kabupaten kotawaringin barat tercinta ini,” pungkas Anang mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kobar Rustam Effendi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya Kobar dan keberagamannya, salah satunya adalah bahasa daerah. “Kegiatan ini untuk melestarikan situs budaya, kesenian lokal dan masyarakat lainnya guna meningkatkan kunjungan wisata,” ujar Rustam. (dsy/diskominfo kobar)