Pj Bupati Budi Santosa Berharap Peresmian Listrik Desa Berdampak terhadap Kualitas Hidup dan Perekonomian Masyarakat Kecamatan Arut Utara

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa meresmikan listrik beberapa desa di wilayah Kecamatan Arut Utara. Peresmian pada Kamis (26/9) ini secara simbolis dilaksanakan di Desa Riam. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Budi Santosa mengungkapkan bahwa masih terdapat lima desa yang belum menikmati layanan listrik dari PLN hingga tahun 2024 ini, yakni desa Nanga Mua di kecamatan Arut Utara, desa Umpang dan desa Rangda di kecamatan Arut Selatan, serta desa Teluk Pulai dan Desa Sungai Cabang di kecamatan Kumai. 

(Baca Juga : Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Digelar )

Namun, Budi Santosa optimis dua desa, yakni Nanga Mua dan Umpang, diperkirakan akan teraliri listrik pada akhir tahun 2024 seiring dengan progres pembangunan jaringan yang sedang dilakukan oleh PT PLN (Persero).

"InsyaAllah masyarakat Desa Nanga Mua dan Desa Umpang pada akhir tahun 2024 dapat teraliri listrik karena sampai dengan saat ini progres pembangunan jaringan sedang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero)," ujar Budi Santosa.

Lebih lanjut, Budi Santosa menyatakan bahwa dengan terbangunnya infrastruktur listrik desa ini, ditambah dengan selesainya peningkatan PLTD Pangkut yang terhubung dengan sistem interkoneksi Pangkalan Bun, masyarakat diharapkan dapat menikmati listrik secara normal seperti daerah lainnya. Ia juga berharap bahwa dengan adanya listrik, taraf kehidupan dan perekonomian masyarakat akan meningkat.

Menurut Budi Santosa, peresmian ini bukan sekadar acara seremonial semata, tetapi merupakan bukti nyata komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan program kelistrikan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat. 

Dengan peresmian ini, warga Desa Riam dan sekitarnya kini dapat merasakan manfaat langsung dari tersedianya listrik desa, yang akan membuka peluang bagi peningkatan kualitas hidup serta perekonomian setempat. (prokom_rib)