Petani di Desa Palih Baru Panen Raya Padi Seluas 18 Ha

MMC Kobar - Rabu (2/2), berlokasi di persawahan Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama dilaksanakan Acara Panen Padi Bersama Seluas 18 Ha. Acara ini dihadiri Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah, Sekda, Dandim 1014/Pbn, Ketua Komisi A DPRD, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kris Budi Hastuti, penyuluh pertanian serta petani gapoktan poktan yang ada di Desa Palih Baru.

Persawahan seluas 18 Ha ini telah tertanam padi berbagai varietas diantaranya varietas Inpari 30, Inpari 32 dan Sertani. Dalam aplikasi pertanian disini telah memanfaatkan alsintan pertanian diantaranya mesin traktor, rice trasnplanter dan power traser. Mesin rice transplanter ini merupakan alat mesin tanam padi yang mampu mengerjakan penanaman seluas 2 Ha per hari.

(Baca Juga : Pendampingan Survey Pemulihan UMKM di Kobar)

Pukul 12.10 WIB, Bupati Kobar beserta rombongan tiba di lokasi disambut tarian rasa syukur suku dayak oleh anak-anak Desa Palih Baru. Tarian ini merupakan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemudahan kelancaran dalam bertani hingga mendapatkan hasil panen yang berlimpah. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan panen padi, dimana Bupati Kobar beserta tamu undangan yang hadir melakukan pemotongan padi pertama sebagai simbol dimulainya panen padi di Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama.

Dalam Sambutanya Kepala Dinas TPHP menyampaikan apresiasinya dan harapannya. “Kami Dari Dinas TPHP Bangga dengan petani, baik itu Gapoktan maupun Poktan yang ada di Desa Palih baru ini. Karena dengan adanya bantuan, baik itu benih maupun alsintan dapat dimaksimalkan dalam penggunaanya,” tutur Kris.

“Seperti Mesin Tanam Rice Transplanter ini yang mampu mengerjakan 2 Ha dalam 1 hari ini bisa lebih menghemat dari segi waktu tenaga dan uang. Diharapkan kedepan pertanian yang ada didesa palih baru ini bisa semakin bagus lagi dengan adanya teknologi-teknlogi pertanian yang baru,” imbuhnya.

Imam Djamali selaku Kepala Desa Palih Baru mengucapkan rasa terimakasih kepada Dinas TPHP yang telah membantu petani di Desa Palih Baru ini baik itu benih dan alsintan. "Saya mewakili petani di Desa Palih Baru mengucapkan terimakasih kepada dinas terkait yang selalu men-support kami baik dari segi bantuan benih, alsintan maupun bantuan dari petugas penyuluh lapangan yang selalu siap hadir membantu petani bila mengalami kesulitan dalam bertani padi,” ucapnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Kobar menyampaikan pula apresiasi serta memberikan imbauan kepada para petani.

"Ibu menyampaikan rasa terimakasih kepada warga Desa Palih Baru yang masih setia melestarikan pertanian khususnya tanaman padi. Tetap semangat dalam bertani terutama untuk generasi muda tetap jaga kesehatan semoga pertanian khususnya tanaman padi di Desa Palih Baru ini semakin jaya semakin makmur lagi,” ujar Hj. Nurhidayah.

“Wabah corona memang menakutkan, hati-hati jangan ketularan, walau vaksin sudah ditemukan, tetap patuhi protokal kesehatan,” ucap Hj. Nurhidayah.

Acara ini ditutup dengan acara ramah tamah ibu bupati beserta petani di Desa Palih Baru. (tphp kobar)