Pertama di Kalteng, Pemkab Kobar Terapkan Siskeudes Online

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah memberikan sambutan dan arahan kepada peserta Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa dan Launching Siskeudes Online, Selasa (25/5)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa sekaligus Launching aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Online. Acara ini diikuti sekdes, kaur keuangan dan operator desa sebanyak 152 dan orang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 24-26 Mei di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kobar dengan melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Tengah. Dalam sambutannya, Ahmadi Riansyah mengingatkan perlunya upaya pemerintah untuk memperkuat pengelolan keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

(Baca Juga : Menkominfo: Jaringan Telekomunikasi di Sulteng Sudah Beroperasi 49%)

“Pemerintah Daerah perlu meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan desa baik melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) maupun aplikasi elektronik sehingga proses penyelesaian pekerjaan lebih mudah dan hasilnya lebih akurat,” ujar Ahmadi pada Selasa (25/5).

Kepala Dinas PMD Kobar Encep Hidayat menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut penerapan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa yang mengharuskan seluruh desa di Indonesia menerapkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Dengan diterapkannya Siskeudes online ini, diharapkan stakeholder terkait seperti Dinas PMD, Inspektorat dan kecamatan bisa memantau secara langsung  penatausahaaan dan progres pengelolaan keuangan pemerintahan desa secara update,” tutur Encep. (dpmd kobar)