Persiapan Terus Dilakukan jelang Haul Kyai Gede ke-12

Rapat Koordinasi Persiapan Haul Kyai Gede ke 12 di Kantor Dinas Pariwisata Kobar, Senin (9/3).

MMC Kobar - Jelang kegiatan akbar Haul Kyai Gede tanggal 15 Maret 2020 di Kecamatan Kotawaringin Lama, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar rapat koordinasi. Rapat koordinasi persiapan Haul Kyai Gede ke-12 ini dilaksanakan di Kantor Dispar Kabupaten Kobar Senin (9/3) dan dihadiri oleh SOPD terkait serta Panitia Inti Haul Kyai Gede ke-12.

Ketua Panitia Haul Kyai Gede ke-12, Guprani dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa panitia akan menyiapkan kurang lebih 25 ribu sampai dengan 30 ribu nasi kotak yang akan dibagikan secara gratis dan biasanya akan ada sumbangan dari masyarakat sebagai bentuk dukungan. Selain itu sedikitnya sekitar 300-an relawan dari berbagai lapisan masyarakat yang akan membantu jalannya acara ini.

(Baca Juga : 105 Siswa-Siswi TK Ikuti Lomba Mewarnai yang Diselenggarakan DPK Kobar)

Pada Haul Kyai Gede tahun ini akan didatangkan penceramah dari luar Kabupaten Kobar, yaitu Ustad Zulkifli dan Al Habib Muhammad bin Alatas. Selain tausiah, juga diisi dengan rangkaian kegiatan lain nya yang bernafaskan Islami.

Camat Kotawaringin Lama, Nahwani mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar acara Haul Kyai Gede ke-12 kali ini berjalan lancar dan sukses, terutama pengaturan lalu lintas dari Dinas Perhubungan dibantu dengan Satpol PP untuk mengantisipasi jamaah yang datang dari berbagai penjuru daerah.

Kepala Dispar Kobar, Wahyudi menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini untuk membahas hal-hal teknis yang telah dilakukan serta persiapan-persiapan lain baik oleh SOPD terkait maupun panitia pelaksana.

“Sebelumnya juga telah dilakukan rapat koordinasi di sana dan ini koordinasi yang kesekian kalinya dengan melibatkan instansi dan stakeholder guna persiapan-persiapan kedepan untuk suksesnya acara akbar pada 15 maret mendatang,” ujar wahyudi.

Kegiatan Haul Kyai Gede adalah bagian dari wisata religi yang dirangkaikan dalam kalender event pariwisata tahun 2020. Selain memiliki nilai religius, sebagai tokoh ulama kharismatik dalam syiar islam, Kyai Gede memiliki peran penting dalam perjalanan Kerajaan Kutaringin.

Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai kota kecamatan tertua di Kabupaten Kobar, sejarah dan budaya keislamannya telah menjadi daya tarik bagi peningkatan kunjungan yang memberikan dampak positif terhadap sektor perekomian masyarakat. (dispar kobar)