Persiapan SKD dan Selkom CASN 2021, BKPP Kobar Gelar Rapat Akhir

Kepala BKPP, Aida Lailawati, saat memipin rapat persiapan SKD dan Selkom CASN Tahun 2021 di aula kantor BKPP, Kamis (23/09/2021)

MMC Kobar - Guna mematangkan persiapan dalam rangka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi (Selkom) PPPK Non Guru, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kotawaringin Barat bersama pihak terkait menggelar rapat koordinasi. Rapat ini bertujuan untuk memastikan sejauh mana kesiapan panitia dalam menghadapi SKD dan Selkom tahun 2021.

Rapat ini digelar pada Kamis (23/09) bertempat di aula BKPP dan dipimpin oleh Sekretaris Panitia yang juga Kepala BKPP, Aida Lailawati. Selain di hadiri oleh seluruh ASN di BKPP, rapat juga dihadiri oleh Inspektur, Direktur RSUD Sultan Imanudin serta perwakilan dari Polres Kobar, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Satpol PP Damkar dan BPBD.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Akan Kembali Buka Car Free Day)

Dalam arahannya, Aida Lailawati mengatakan bahwa panitia telah siap melaksanakan SKD dan Selkom. Persiapan akhir telah mencapai 95%. Apalagi panitia telah beberapa kali melaksanakan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya.

“Saya yakin panitia telah memahami tugasnya dan bisa melaksanakan serta menyukseskan kegiatan ini” ujar Aida optimis.

Lebih lanjut, Aida menegaskan bahwa yang menjadi fokus pada pelaksanaan SKD dan Selkom kali ini adalah ketersediaan dan kestabilan jaringan internet. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, beberapa hari belakangan jaringan internet agak bermasalah.

“Untuk itu kami mohon kepada Dinas Kominfo agar berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk memastikan kestabilan jaringan internet pada saat hari H nya,” ujar Aida menegaskan.

Selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah kepatuhan seluruh peserta dan panitia dalam menjalankan protokol kesehatan. Meskipun sebaran covid-19 di Kotawaringin Barat telah menunjukkan penurunan, tetapi tetap perlu kehati-hatian bersama agar tidak memuculkan cluster baru dari kegiatan SKD dan Selkom ini.

“Kami mohon bantuan dari pihak RSUD dan Dinas Kesehatan untuk memberikan dukungan kesehatan” ujar Aida lagi.

Senada dengan pimpinan rapat, Inspektur Kotawaringin Barat, Isno Pandowo, menegaskan bahwa kestabilan jaringan internet sangat krusial. Karena seleksi ini bersifat online dan realtime, sehingga kestabilan jaringan sangat diperlukan guna memastikan seleksi berjalan lancar sesuai jadwal.

“Mohon nanti H-2 atau H-1, agar jaringan internet di ujicoba kembali,” tegas mantan Kabag Hukum ini.

Menanggapi permintaan Kepala BKPP dan Inspektur, Kepala Dinas Kominfo melalui Kasi Infrastruktur dan Teknologi, Aris Prawiro menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Telkom. Untuk saat ini menurutnya, ketersediaan jaringan internet telah berangsur normal, dengan kstabilan mencapai 70 – 80%.

Selain itu, lanjut Aris, di kabupaten tetangga yang juga sedang melaksanakan kegiatan serupa menggunakan jaringan internet dari Telkom tidak ditemui kendala. Sehingga pihaknya yakin jaringan internet yang tersedia bisa digunakan.

“Untuk back up nantinya jaringan Astinet dari Kominfo akan kami share ke BKPP,” imbuh Aris.

Di akhir, pimpinan rapat kembali menyampaikan harapannya kepada semua panitia yang terlibat agar betul – betul melaksanakan tugasnya. “Saya mohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak agar kegiatan kita bisa berjalan dengan lancar, tertib dan sukses,” ujarnya mengakhiri. (bkpp kobar)