Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Dinas Dikbud Kobar Gelar Pendampingan Fasilitasi Berdasarkan SNP

Kepala Dinas Dikbud Kobar, Drs. Rustam Effendi, M.Si saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Pendampingan Fasilitasi Berdasarkan SNP yang digelar di Aula SPNSFS SKB Kobar, Kamis (22/4).

MMC Kobar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Pendampingan Fasilitasi Berdasarkan SNP (Standar Pendidikan Nasional) di Aula SPNSFS SKB Kobar, Kamis (22/4). Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kadis Dikbud Kobar, Rustam Efendi dan dihadiri tim LPMP Kalteng, 8 orang sebagai pendamping fasilitator kegiatan ini dan perwakilan BPBD serta Dinkes Kobar.

Pelaksaan kegiatan ini diadakan untuk mempersiapakan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sesuai dengan protokol kesehatan dan sesuai dengan SKB 4 menteri. Dalam sambutannya, Kadis Dikbud Kobar Rustam Efendi menuturkan bahwa pendampingan fasilitasi berdasarkan SPN sejalan juga dengan visi dan misi Pemkab Kobar, yaitu pada misi yang kedua.

(Baca Juga : Temui Komisi V DPR RI, Bupati Usulkan Pembangunan Infrastruktur di Kobar)

“Kalau dilihat tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini oleh LPMP dan Dinas Dikbud Kobar, hal ini sejalan dengan misi Pemkab Kobar, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Melalui Pendidikan, Kesehatan dan Olahraga,” tuturnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 43 kepala sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA/ SMK. Kegiatan akan diselenggarakan selama 2 hari kedepan.

“Metode yang digunakan dalam memfasilitasi kegiatan ini diantaranya presentasi, brainstorming dan tanya jawab,” ujar Plt Kepala LPMP Kalteng dalam laporannya yang diwakili oleh Koordinator Substansi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Ahmad Asyhadi.

LPMP Kalteng juga menginformasikan melalui Kadis Dikbud, bahwa Kobar peringkat pertama se-Kalteng pada 2 kategori kesiapan sekolah masa pandemi.

“Kobar berada di peringkat pertama se-Kalteng pada EDS PMP 2020 versi Covid-19 dan Verifikasi dan Validasi (Verval) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kesiapan Asesmen Nasional,” ungkap Rustam. (humas disdikbud kobar)