Permudah Pelayanan, Bappeda Kobar Launching Buku Tamu Elektronik

Kepala Bappeda Amir Hadi didampingi Sekretaris beserta seluruh ASN Bappeda memperkenalkan Buku Tamu Elektronik di halaman kantor Bappeda , Senin (30/11). (humas bappeda)

MMC Kobar - Bappeda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan inovasi dengan me-launching Buku Tamu Elektronik untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, dan juga untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Launching Buku Tamu Elektronik ini digelar di kantor Bappeda Kobar, jalan H.M Rafi’i nomor 3 Pangkalan Bun pada Senin (30/11).

Seperti yang diketahui, sekarang ini sudah memasuki era digital 4.0 yang artinya pekerjaan mesin atau teknologi akan lebih diperdayakan. Bappeda memanfaatkan hal tersebut dengan me-launching Buku Tamu Elektronik yang diperkenalkan langsung oleh Kepala Bappeda Amir Hadi.

(Baca Juga : Pastikan Bebas dari Pungli, Satgas Saber Pungli Kobar Lakukan Monev Program Pemulihan Ekonomi Nasional)

Menurut Amir, Buku Tamu Elektronik ini berfungsi supaya masyarakat yang datang tidak mengisi secara manual di buku tamu tapi sudah ada web atau linknya.

“Ketika datang di Bappeda biasanya pengunjung harus mengisi buku tamu dan harus berjumpa dengan Humas terlebih dahulu. Tapi dengan adanya Buku Tamu Elektronik ini, kita tinggal scan menggunakan QR code dan mengisi data serta mengisikan ke data base Bappeda,” terang Amir.

Tamu yang berkunjung harus datang ke Bappeda, mengingat ada PIN yang harus diisi oleh pihak Bappeda. Pin ini berfungsi untuk meyakin kan bahwa tamu benar-benar datang ke Bappeda.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan buku tamu elektronik Bappeda secara resmi digunakan,” kata Amir Hadi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Dalam kesempatan launching tersebut, Amir Hadi mendemonstrasikan bagaimana cara penggunaan buku tamu elektronik ini. Nampak dalam buku tamu elektronik siapa tamu yang akan diterima dan apa maksud tujuannya. Lebih bagusnya lagi, buku tamu elektronik tersebut dapat dimonitor dimana saja.

“Kita dapat memantau tamu-tamu yang diterima di Bappeda dengan menggunakan HP dimana saja dan kapan saja,” papar Amir Hadi.

Amir juga menjelaskan bahwa buku tamu elektronik dapat diakses dengan menggunakan handphone dan hanya tamu tamu yang berkunjung ke Bappeda dapat terdata dengan baik dan nantinya akan dianalisis dan disampaikan ke publik hasil analisisnya. (humas bappeda)