Permudah Akses Informasi Harga Komoditi, Disperindagkop UKM Kobar Sosialisasikan Aplikasi Bapokting Kobar

KEGIATAN: Sosialisasi aplikasi monitoring dan penyebaran informasi harga bapokting di Kabupaten Kobar. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disperindagkop UKM Kobar H Muhammad Yadi di Aula Disperindagkop UKM Kobar, Kamis (24/10/2019). (Humas Diskominfo Kobar/MMC Kobar)

MMC KOBAR - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memperkenalkan aplikasi monitoring dan penyebaran informasi harga barang pokok dan barang penting (bapokting) kepada beberapa SKPD, distributor dan pelaku UKM.

Aplikasi monitoring dan penyebaran informasi harga bapokting dimaksudkan untuk memudahkan akses informasi harga komoditi bagi masyarakat.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Anang Dirjo Pantau Pasar Murah di Desa Kumpai Batu Atas)

“Aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk mengetahui perkembangan  harga barang pokok dan barang penting dengan cepat,” ungkap Kepala Disperindagkop UKM Kobar H Muhammad Yadi saat membuka kegiatan di Aula Disperindagkop UKM Kobar, Kamis (24/10/2019).

Dijelaskannya lagi, bahwa pada kegiatan ini juga dilakukan diskusi untuk menjembatani kerjasama antara pelaku UKM dan distributor barang pokok.

“Dalam kegiatan sosialisasi aplikasi Bapokting Kobar ini, juga dilakukan diskusi antara pelaku UKM, distributor barang pokok dan beberapa SKPD serta instansi vertikal, tak lain kegiatan ini sebagai upaya kita melakukan pengembangan dan mendorong kemajuan UKM di daerah,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kasi Bina Usaha Perdagangan dan Pemasaran Disperindagkop UKM Kobar Muhammad Agusta Wijaya mengatakan, sosialisasi aplikasi Bapokting Kobar kepada masyarakat ini dilakukan agar mereka dapat mengetahui harga bapokting setiap saat.

“Apalagi pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang kerja merupakan salah satu misi dari Bupati dan Wakil Bupati Kobar, yakni meningkatkan good governance berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Ini juga sejalan dengan era Keterbukaan Informasi Publik, jadi masyarakat berhak untuk mengetahui informasi harga komoditi dengan mudah, cepat dan murah,” terangnya.

Munurutnya lagi, aplikasi ini menyediakan informasi 35 komoditi bapokting. Namun, informasi harga komoditi tersebut masih berada pada wilayah Kecamatan Arsel.

“Aplikasi ini menyediakan informasi 35 komoditi dengan 94 varian. Pemantau harga dilakukan oleh petugas pendataan, dan saat ini masih terbatas pada pasar dan pertokoan yang ada di wilayah Kecamatan Arsel. Kedepan aplikasi ini akan menyediakan informasi harga komoditi di semua kecamatan,” pungkasnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang memerlukan informasi harga bapokting bisa mengunjungi website: bapokting.kotawaringinbaratkab.go.id atau melalui aplikasi mobile di Google Playstore: Bapokting Kobar. (Humas Diskominfo Kobar/MMC Kobar)