Perkuat Sinergi dalam Penanggulangan Bencana, Kapolres Kobar Lakukan Kunjungan ke BPBD

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni didampingi para Kabid menyambut kunjungan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono beserta jajaran Rabu (6/7).

MMC Kobar - Dalam melaksanakan penanggulangan kebencanaan, koordinasi dan sinergi yang baik antar personil satuan tugas harus tercipta agar dalam aksinya berjalan lancar. Demi terjaganya sinergi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat pada Rabu (6/7) menerima kunjungan Kapolres Kobar.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono disambut langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Syahruni beserta jajarannya di ruang kerjanya. Kunjungan ini sebagai bentuk mempererat silaturahmi antar satuan gabungan antara BPBD Kobar dan Polres.

(Baca Juga : Konsorsium Tahap Dua Akan Dimulai)

"Tidak hanya mempererat hubungan, tetapi juga memperkuat sinergi dalam penanggulangan bencana di wilayah Kobar," ujar Syahruni.

Syahruni menjelaskan topik yang dibahas pada kunjungan Kapolres tersebut terkait penanganan bencana banjir dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Dalam setiap kebencanaan kita juga sebisa mungkin memberikan imbauan juga yang sifatnya mengedukasi masyarakat. Harapannya dengan proses edukasi dengan konsisten bisa memberikan pemahaman masyarakat tetang pencegahan hingga penanganan dari bencana," terangnya.

Dalam hal bencana banjir, lanjut Syahruni, warga diimbau untuk memantau debit air, dan menyiapkan keperluan jika ketinggian air terus meningkat, serta untuk pengungsi bisa mendatangi posko yang telah disediakan. Sedangkan untuk karhutla diedukasi untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Usai berbincang, rombongan meninjau Posko Satgas Karhutla yang telah terlaksana sejak Jumat (1/7) lalu serta mengungjungi gudang penyimpanan sarpras yang dimiliki BPBD Kobar. Kapolres berpesan kepada seluruh petugas agar tetap menjaga semangat dalam mewaspadai setiap kejadian yang mungkin muncul.

"Kepada rekan-rekan agar menjaga betul posko ini serta menjaga semangat kekompakan satu sama lain," ungkapnya. (bpbd kobar)

(Foto Bersama) - Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono beserta jajaran dan Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni serta Petugas Posko Satgas Karhutla pada Rabu (6/7).