Badan Kesbangpol Kobar Adakan Sosialisasi Pendidikan Politik di Kecamatan Pangkalan Banteng

Kepala Badan Kesbangpol Kobar Drs. Edi Faganti, Camat Pangkalan Banteng, Perwakilan Polres Kobar, KPU dan Bawaslu saat memberikan materi kegiatan pendidikan Politik di Pangkalan Banteng, Rabu (31/8).

MMC Kobar - Pada Rabu (31/8) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik kepada Masyarakat di Kecamatan Pangkalan Banteng dengan tema "Membangun Etika dan Budaya Politik Dalam Mencegah Politik Identitas dan Penyebaran Hoax".

Kegiatan yang digelar di Kantor Desa Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng ini dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti.

(Baca Juga : Resmikan Warding, Bupati Kobar Berharap Perumdam Tirta Arut Terus Tingkatkan Pelayanan)

Dalam paparannya, Edie Faganti menyampaikan materi "Partisipasi Pemerintah Desa dan Masyarakat Sukses Pemilu/Pilkada Serentak 2024".

Edie mengatakan, untuk menyukseskan Pemilu Pilkada Serentak 2024 perlu adanya demokrasi berkualitas yang didukung modernisasi partai politik, integritas penyelenggara, partisipasi masyarakat tinggi, dan netralitas aparat peyelenggara negara. Sehingga pelaksanaan Pemili/Pilkada yang Luber Jurdil dapat tercapai sehingga tidak ada politik identitas, polarisasi, politik uang dan pemberitaan hoax.

“Dalam Pemilu Pilkada Serentak 202, tugas kepala desa dalam bentuk fasilitasi yaitu mempersiapkan SDM sebagai pelaksanaan (PPS, KPPS, Panwas, Keamanan), tempat pemungutan suara, mempersiapkan masyarakat pemilih dan lain-lain sesuai keperluan,” tutur Edie.

Selain dari Badan Kesbangpol Kobar, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Ketua KPU Kobar Chaidir, yang memaparkan materi Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Ketua Bawaslu Kobar, Dorik Rozani dengan materi Politik Uang dan  Pemilu dan Pemilihan, dan dari Polres Kobar, Ipda Tugino dengan materi Peran Polri dalam Pemilu 2024.

Peserta kegiatan sosialisasi adalah Camat Pangkalan Banteng beserta jajarannya, perwakilan kades/sekdes se-Kecamatan Pangkalan Banteng, perwakilan masyarakat Desa Marga Mulya dan perwakilan guru dan siswa dari SMAN-1 Pangkalan Banteng, guru dan siswa dari SMKN-1 Pangkalan Banteng. (badan kesbangpol kobar)

Peserta Sosialisasi Pendidikan Politik