Peringati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia , Pemkab Kobar Gelar Lomba Kebersihan

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan melaksanakan lomba kebersihan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se – Dunia tahun 2019. Adapun kategori lomba dibagi menjadi beberapa kategori yaitu lomba kebersihan tingkat Kecamatan, Sekolah dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Direncanakan kegiatan penilaian lomba akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 22 Juni 2019 untuk Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat SOPD dan Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Kecamatan, untuk Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Sekolah (SD, SLTP dan SLTA) tanggal 24 – 29 Juni 2019.

(Baca Juga : Groundbreaking Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Jalan di Tengah Pandemi Covid-19)

Kriteria lomba kebersihan disesuaikan dengan kriteria penilaian Adipura meliputi kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah secara terpilah, penghijauan, kebersihan WC, drainase, pengolahan sampah organik dan perilaku hidup bersih.

“Kegiatan Lomba Kebersihan Lingkungan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan, kenyamanan dan kelestarian lingkungan di Kabupaten Kotawaringin Barat guna mendukung Raihan Adipura yang telah didapat Kota Pangkalan Bun 12 kali berturut - turut. Diharapkan dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya lingkungan yang bersih dan lestari, maka secara sendirinya akan menimbulkan semangat untuk berlomba – lomba dalam menciptakan lingkungan bersih dan lestari sebagai wujud lingkungan yang sehat,” ungkap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Fitriyana, ST saat rapat tim juri kebersihan (12/6).

Lanjutnya, pelaksanaan penilaian lomba akan dilakukan oleh tim yang berbeda, untuk penilaian lomba kebersihan Tingkat Kecamatan dan Sekolah akan dilakukan oleh Tim Gabungan dan penilaian Lomba Kebersihan Tingkat SOPD akan dilaksanakan oleh Tim Independen yang beranggotakan dari perwakilan media cetak/elektronik, aktivis lingkungan dan pihak akademisi.

“Pengumuman Pemenang Terbersih Peringkat I, II dan III Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan, Sekolah dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) akan dilaksanakan serentak pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se – Dunia Tahun 2019,” terangnya. (dlh kobar)