Pembangunan Jalan Kolam Prioritas

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus menggenjot pembangunan infrastruktur, dan infrastruktur sendiri merupakan program prioritas dalam rencana pembangunan Kabupaten Kobar, hal itu untuk membuka kesenjangan wilayah dan percepatan pembangunan.

Seperti pembanguan infrastruktur yang menghubungkan Kota Pangkalan Bun ke Kecamatan Kotawaringin Lama. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar, Agus Yuwono, melalui Kabid Bina Marga, Joni Gultom, mengatakan akses jalan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama menjadi prioritas tanpa menyampingkan infrastruktur di wilayah lainnya.

(Baca Juga : Bupati Hj. Nurhidayah Monitoring Pembangunan Infrastruktur di Beberapa Kecamatan)

“Penyelesaian pekerjaan infrastruktur yang menghubungkan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama dilakukan bersinergi baik Provinsi Kalteng maupun Pusat, karena akses jalan itu sangat penting selain menghubungkan antar kabupaten juga antar provinsi," ujar Joni Gultom.

Ditahun 2018 ini saja kata Joni Gultom, Pemkab Kobar menganggarkan sebesar Rp 20 Milyar untuk pengaspalan sepanjang 4,4 km. Dan penyelesainya akan dilanjutkan pada tahun 2019 sepanjang 3,6 km akan teraspal.

"Yang menjadi tanggung jawab Pemkab Kobar untuk pekerja jalan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama dimulai dari sta 0 sampai dengan sta 20, sedangkan sta 21 sampai dengan sta 41 menjadi kewenangan Provinsi Kalteng," ujar Joni Gultom.

Pada tahun ini juga tambah Joni Gultom, Provinsi Kalteng menganggarkan Rp 70 Milyar untuk pengerjaan yang dimulai di sta 21 sampai sta 28, dan untuk saat ini sudah mulai proses lelang.

"Ditahun ini juga Provinsi Kalteng memulai pekerjaan pembuatan jembatan pile slab dari sta 28 sampai dengan sta 30, jembatan itu menyambung jembatan pile slab yang ada saat ini, dimana Provinsi Kalteng telah menyiapkan dana sebesar Rp 400 miliar untuk pembuatan jembatan pile slab itu dengan lama pekerjaan dua tahun," ujar Joni Gultom.

Dengan bersinerginya pembangunan jalan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama yang dilakuan Pemkab Kobar dan Provinsi Kalteng menurut Joni  Gultom, pada akhir tahun 2019 maka jalan Pangkalan Bun menuju Kecamatan Kotawaringin Lama sudah mulus. (Humas Diskominfo Kobar)