Peringati Hari Jadi ke-74, PAFI Dukung Program di Dinkes Kobar

Foto bersama PAFI cabang kobar dan Dinkes Kobar usai melakukan senam bersama di halaman kantor Dinkes Kobar, Jumat (14/02). (nisa/dinkeskobar)

MMC Kobar - Memperingati hari jadi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) ke-74, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan PAFI cabang Kobar mengadakan senam bersama, makan bersama serta pembagian doorprice di halaman kantor Dinkes Kobar, Jumat (14/02).

Farmasi adalah bidang profesional kesehatan. Kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

(Baca Juga : 53 ABH Dapatkan Pendampingan Dari Sakti Peksos Dinsos Kobar)

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di Negeri Belanda.

Ketua PAFI cabang Kobar Mariyani mengatakan PAFI adalah organisasi profesi yang bagian dari Dinkes juga, jadi pada prinsipnya apa yang dilakukan oleh Dinkes, PAFI sangat mendukung dan berusaha berkontribusi penuh dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kebetulan dihari jadi PAFI ini kita ingin menampilkan kembali ke khalayak kalau kita itu ada, dan selalu berusaha mendukung program-program yang ada di Dinkes. Seperti snack yang kita sediakan sekarang pun mengikuti program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), karena kita adalah bagian dari organisasi profesi bagian dari Dinkes Kobar juga,” tutur Mariyani. (nisa/dinkes kobar)