Peringatan Harkannas ke-11, DPKP Kobar Gelar Lomba Masak Serba Ikan 

Asisten Administrasi Umum menyampaikan sambutan Pj. Bupati Kotawaringin Barat

MMC Kobar - Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional (Harkannas) pada tahun 2024 saat ini adalah perayaan yang ke-11, dengan mengangkat tema ”Dengan Generasi Emas, Kita Membangun Bangsa.

Tahun 2045 komposisi penduduk Indonesia diprediksi 70% adalah usia produktif 15-64 tahun. Bonus demografi ini merupakan peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Berikan Himbauan Kepada Masyarakat Terkait Pencegahan Penularan Covid 19)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar peringatan Harkannas serta Sosialisasi Gerakan Memasyarakat-Kan Makan Ikan (Gemarikan) bagi Masyarakat melalui Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) di halaman kantor DPKP Kobar, Rabu (09/10).

Asisten Administrasi Umum beserta Plt. Asisten Perkonomian dan Pembangunan, Kepala DPKP Kobar, Kadis Pertanian dan Perwakilan Juri Meninjau Hidangan LMSI

Peringatan Harkannas tahun 2024 diikuti 10 Tim PKK dari 5 Kecamatan yaitu Kec. Arut Selatan, Kec. Kumai, Kec. Pangkalan Lada, Kec. Pangkalan Banteng dan Kecamatan Kotawaringin Lama dan UMKM/Poklahsar yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan, serta dibarengi dengan Gerakan Pasar Murah (GPM).

Asisten Administrasi Umum Setda Syahrudin dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya konsumsi ikan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia indonesia agar mampu bersaing dalam kehidupan global yang sangat cepat perubahannya ini.

“Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat berperan mendukung gerakan masyarakat sehat (germas) dalam rangka mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas,” ujar Syahrudin.

Syahrudin menuturkan, terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta keterampilan itu tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan sampai kepada akhir hayatnya.

“Selain itu, melalui lomba masak berbahan dasar ikan hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan sehingga berdampak pada meningkatnya tingkat konsumsi ikan,” tambah Syahrudin.

“Pemerintah saat ini terus mendorong agar sektor perikanan di Kobar dapat tumbuh berkembang untuk bisa memenuhi asupan gizi bagi masyarakat serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi daerah ini,” tutupnya.

Diakhir acara Asisten Administrasi Umum bersama Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas dan Sekretaris DPKP Kobar meninjau hidangan yang dilombakan diruang Aula Mina Pangan DPKP Kobar serta kemudian menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba masak serba ikan dalam rangka Hari Ikan Nasional tahun 2024. (razak/DPKP Kobar)

Penyerahan Tropy dan Foto Bersama dengan Pemenang Lomba Masak Serba Ikan