Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Provinsi Kalteng

MMC Kobar - Kamis (29/4) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan TP PKK Kobar mengikuti Kegiatan Peringatan Hari Kartini Tahun 2021 secara virtual yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Aula bappeda Kobar.

Kegiatan Peringatan Hari Kartini yang mengangkat tema ‘Peran Perempuan Kalimantan Tengah Dalam Pembangunan’ tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kobar, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ketua Ikiawan, Ketua Dharma Wanita, Ketua Forum Puspa dan Kepala Dinas P3AP2KB Kobar.

Narasumber acara tersebut yakni Deputi Bidang Partisipasi Masyakat Kementerian PPPA RI Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes, M.S., Ph.D dan Wakalpolda Kalimatan Tengah Brigjen Pol Ida Oetari Poernama Sari S.AP,.MA dan dibuka oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Ketua TP PKK Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, dalam sambutannya mengatakan bahwa Perempuan Indonesia adalah Sumber Daya Potensial yang apabila diberi kesempatan akan maju dan meningkatkan Kualitasnya secara mandiri dan menjadi penggerak dalam dimensi kehidupan dan pembangunan bangsa. “Namun masih ada fakta kurang menyenangkan bagi perempuan, kesenjangan pembangungan antara perempuan dan laki-laki,” kata Ivo.

Ivo menambahkan, terbatasnya akses sebagian besar perempuan terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik pendidik yang lebih tinggi kurang peran serta perempuan dalam lembangan publik yang lebih luas seperti partisipasi dibidang politik dan jabatan strategis dibidang pemerintah.

“Dan ketika perempuan menjadi pemimpin apakah mereka akan memiliki keberpihakan kepada perempuan lainnya, inilah tantangann yang harus dijawab oleh perempuan di Kalimantan Tengah khususnya,” ucap Ivo. (dp3ap2kb kobar)