Peran Aktif BPBD dalam Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kobar

Persiapan Posko untuk vaksinasi massal di halaman Kantor Bappeda Kobar Jumat (18/2)

MMC Kobar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejak awal Februari 2022 telah bergerak cepat mempersiapkan peralatan serta personil untuk penanganan dan peranan aktif mendukung pemerintah daerah serta dinas terkait untuk mengurangi kembali resiko warga yang terpapar.

Hal itu juga dilaksanakan saat pendirian tenda posko Kamis (17/2) di halaman Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) guna persiapan vaksinasi massal Jumat (18/2). "Segala kelengkapan seperti tandon air cuci tangan dan masker siap tersedia untuk mendukung kegiatan tersebut. Bagi warga yang belum melaksanakan vaksinasi bisa datang ke lokasi tersebut," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi.

(Baca Juga : Upaya Respon Cepat Penanganan Karhutla, BPBD Kobar Adakan Kegiatan Pembinaan dan Pembentukan MPA)

Sementara itu, sejak bulan Februari 2022 sudah banyak indikasi warga yang terpapar Covid-19. Untuk itu, BPBD bersama TNI Polri dan dinas terkait melaksanakan sterilisasi dengan penyemprotan cairan desinfektan di lokasi warga yang terpapar maupun fasilitas publik serta mendirikan tenda posko dan mempersiapkan sarana protokol kesehatan seperti tandon cuci tangan di lokasi vaksinasi massal bagi warga yang belum melaksanakan vaksinasi. 

Sinergi BPBD dengan TNI Polri dalam giat sterilisasi penyebaran Covid-19 di Wilayah Kec. Kumai

"Dalam pelaksanaan BPBD selalu memperhatikan tempat kemungkinan kerumunan warga dan selalu memantau kegiatan yang dilaksanakan. Seperti pertandingan sepak bola Bupati Cup yang saat ini masih berlangsung dengan menyiapkan tandon cuci tangan serta pengisian air 3 hari sekali selama kegiatan masih dilaksanakan," terangnya.

“Diharapkan seluruh masyarakat Kobar yang sudah ada warganya terpapar dapat selalu menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat kita tanggulangi dengan maksimal,” imbau Martogi. (bpbd kobar)

Pengisian air tandon cuci tangan dalam giat vaksinasi massal di Halaman Kantor Bappeda Jumat (18/2)