Penyerahan Hadiah Lomba Kebersihan Se-Kobar

Bupati Kobar didampingi Suami H.M. Ruslan AS berfoto bersama dengan para Juara Lomba Kebersihan dan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalteng, Minggu (4/8).( karlan08/dlh.kobar)

MMC Kobar - Dalam rangka upaya menanamkan budaya cinta kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Lomba Kebersihan Tingkat Sekolah, Tingkat Kecamatan dan Tingkat SOPD yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu dengan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan bernilai jutaan rupiah.

Lomba Kebersihan tersebut dinilai oleh dewan juri independen yang direkrut dari berbagai profesi, diantaranya dari pihak akademisi, jurnalis dan organisasi penggiat lingkungan.

(Baca Juga : Dukcapil Kobar Sosialisasikan Kader Tanggap Data Kebencanaan)

Penyerahan hadiah disampaikan dalam rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2019 di Pangkalan Bun Park (Minggu, 4/8/19).

Adapun juara Lomba Kebersihan Se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2019 sebagai berikut:

A. Tingkat Sekolah Dasar/Sederajat

  1. SD Negeri 8 Mendawai (Juara Kesatu);
  2. SD Negeri 5 Madurejo (Juara Kedua), dan;
  3. SD Negeri 2 Sidorejo (Juara Ketiga).

B. Tingkat Sekolah Menengah Pertama atau sederajat

  1. SMP Negeri 3 Kumai  (Juara Kesatu);
  2. MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat (Juara Kedua), dan;
  3. SMP Negeri 2 Arut Selatan (Juara Ketiga).

C. Tingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat

  1. SMK Negeri 1 Pangkalan Bun  (Juara Kesatu);
  2. SMA Negeri 2 Kumai (Juara Kedua), dan;
  3. SMK Negeri 3 Pangkalan Bun (Juara Ketiga).

D. Tingkat Kecamatan

  1. Kecamatan Arut Selatan  (Juara Kesatu);
  2. Kecamatan Pangkalan Lada (Juara Kedua), dan;
  3. Kecamatan Kotawaringin Lama (Juara Ketiga).

E. Tingkat Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)

  1. Badan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin (Juara Kesatu);
  2. Sekretariat Daerah (Juara Kedua), dan;
  3. Dinas Kesehatan (Juara Ketiga).

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris DLH Kobar, Fitriyana, S.T., sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala DLH Kabupaten Kobar menyatakan bahwa untuk tahun 2019 ada kategori lomba kebersihan yang ditiadakan.

“Tahun ini kami meniadakan lomba kebersihan tingkat Rukun Tetangga (RT) tetapi kami mengganti kategori dengan tingkat Kecamatan, agar lebih memperluas cakupan sosialisasi kebersihan kepada seluruh warga masyarakat,” ujar Fitriyana.

“Demi menanamkan budaya cinta kebersihan warga sekolah dan warga masyarakat, selain tropi dan piagam penghargaan kami juga memberikan stimulus berupa uang pembinaan bernilai jutaan rupiah,” imbuhnya.

Selain penyerahan hadiah lomba kebersihan, juga dilakukan pula penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 kepada SMP Negeri 2 Pangkalan Lada, SD Negeri 8 Mendawai dan SD Negeri 2 Sidorejo.

"Peran aktif generasi milenial melalui sekolah Adiwiyata atau sekolah yang berkarakter, berbudaya dan peduli serta berwawasan lingkungan sangat diprioritaskan karena bumi ini kelak merupakan warisan atau amanah bagi generasi yg akan datang," pungkasnya. (karlan08/dlh kobar)