Penobatan Sultan XV Kutaringin, Hj Nurhidayah : Berdirinya Kabupaten Kobar Tidak Terlepas dari Sejarah dan Perkembangan Kerajaan Kutaringin

Bupati Kobar Hj Nurhidayah berfoto bersama Sultan XV Kutaringin beserta peradingan Sultan di Istana Kuning.

MMC Kobar - Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah menghadiri acara Milad ke-44 penobatan Pangeran Ratu Sukma Alamsyah sebagai Sultan XV Kutaringin di Istana Kuning Pangkalan Bun, Senin (16/5).

Dalam sambutannya Hj Nurhidayah menyampaikan bahwa berdirinya Kabupaten Kobar tidak terlepas dari sejarah dan perkembangan Kerajaan Kutaringin yang merupakan satu-satunya kerajaan yang ada di Kalimantan Tengah. Kerajaan Kutaringin merupakan cikal bakal pemerintahan pada saat itu, hingga terbentuknya pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Sosialisasi Buku KIA Revisi Tahun 2020)

“Marilah kita warnai Kabupaten Kotawaringin Barat dengan mengimplementasikan pengembangan budaya lokal sebagai alat pemersatu dalam kehidupan bermasyarakat, melestarikan situs budaya, kesenian lokal dan budaya masyarakat lainnya guna meningkatkan kunjungan wisata di Kobar " ajak Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga berharap semoga kedepan penobatan Sultan Kutaringin dapat menarik wisatawan ke Kobar.  Dimana menurutnya, keberadaan wisatawan tersebut tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kobar.

Bupati Kobar Hj.Nurhidayah memberikan sambutan pada penobatan Sultan XV Kutaringin di Istana Kuning

“Istana kuning ini merupakan wisata sejarah yang masuk dalam wisata internasional serta menjadi simbol sejarah sebagai daya tarik wisatawan berkunjung ke Kotawaringin Barat,” terang Hj Nurhidayah.

Pada kesempatan yang sama, Sultan XV Kutaringin juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pemerintah daerah Kotawaringin Barat atas dibangunnya Gedung Sport Center dengan nama Pangeran Ratu Alamsyah yang merupakan ayahanda Pangeran Ratu Sukma Alamsyah. (dsy/diskominfo kobar).

Foto Bersama Sultan XV Kutaringin, Pangeran Muasjidinsyah, Pangeran Arsyadinsyah, Bupati dan Wakil Bupati Kobar, Ketua DPRD Kobar serta Forkomimda Kobar.