Pengelola Perpustakaan Sekolah Ikuti Magang di Dispursip Kobar

Kabid P3KM menyambut peserta magang pengelolaan perpustakaan sekolah

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan magang bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah, Rabu (13/9). Magang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 13-15 September 2023 di Aula Lantai 2 Dispursip Kabupaten Kobar. 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispursip Kobar, Ahmad Zulkarnain didampingi pustakawan.

(Baca Juga : Permudah Pengurusan Akte Kelahiran, RSSI Bekerja Sama Dengan Disdukcapil Kobar)

Adapun peserta kegiatan magang berjumlah 10 orang yaitu dari Pengelola Perpustakaan SMKN 3 Kumai, SMPN 11 Arut Selatan, SDN 6 Baru, SDN 7 Baru, SDN 1 Umpang, SDN 2 Pandu Senjaya dan SDN 3 Pandu Senjaya.

Tim Pustakawan saat menyampaikan materi kegiatan magang pengelolaan perpustakaan sekolah

Dalam kegiatan magang ini, peserta belajar bersama  pustakawan Dispursip Kobar terkait manajemen perpustakaan sekolah, organisasi informasi, katalogisasi dan klasifikasi bahan pustaka, perawatan bahan pustaka, kegiatan dan promosi perpustakaan serta otomasi perpustakaan.

“Semoga pengelola perpustakaan sekolah yang mengikuti kegiatan magang ini dapat mempraktikkan hasil kegiatan magang agar pengelolaan perpustakaan di sekolah bisa lebih baik serta menjadi tempat yang nyaman bagi warga sekolah,” ungkap Zulkarnain.

Pada akhir kegiatan magang, peserta diajak tour berkeliling perpustakaan daerah untuk mengetahui dan melihat berbagai jenis layanan yang ada di Dispursip Kobar. Selain itu, peserta juga diajak untuk melihat penataan koleksi bahan perpustakaan yang ada di rak-rak buku.

Diharapkan dengan adanya kegiatan magang ini, peserta dapat mempraktikkan kembali hasil belajar agar pengelolaan perpustakaan di sekolah lebih baik serta dapat meningkatkan minat baca maupun literasi dan menumbuhkembangkan minat baca di lingkup sekolah. (dispursip kobar)

Tour keliling layanan perpustakaan dan sesi foto bersama peserta magang pengelolaan perpustakaan sekolah