Penetapan Kalender Event Wisata Tahun 2021

MMC Kobar - Menindaklanjuti rapat penyusunan kalender event wisata tahun 2020 beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mengadakan rapat terkait kalender event wisata atau yang sering disebut Calender Of Event (COE) Tahun 2021 pada Kamis (3/12). Agenda rapat kali ini adalah untuk menetapkan event-event yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 dan rencana tanggal pelaksanaan kegiatan. Hasil dari rapat ini akan ditetapkan ke dalam Surat Keputusan (SK) Bupati dan selanjutnya akan menjadi salah satu bahan promosi Dispar Kobar.

Rapat yang bertempat di ruang rapat Bupati ini dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Edy Rahman. Ada beberapa hal yang disampaikan Asisten dalam agenda rapat penyusunan Kalender Event Wisata Tahun 2021, diantaranya agar pelaksanaan event-event di 2021 momentumnya bertepatan dengan hari libur pada hari-hari besar sehingga memungkinkan untuk pengunjung bisa lebih banyak.

(Baca Juga : Didominasi KUR Mikro, Pemerintah Sudah Salurkan KUR Rp. 65,5 Triliun Sepanjang 2019)

“Upayakan moment-moment puncak seperti saat pembagian hadiah-hadiah lomba, bisa bertepatan di akhir dari rangkaian HUT Kobar secara bersamaan. Pada saat HUT Kobar akan ramai pengunjung,” tutur Edy.

Ditambahkan pula oleh Edy bahwa yang paling penting adalah pelaksanaan event-event nantinya diharapkan tidak terjadi pengumpulan masa, seluruh event wisata agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan bila tidak memungkinkan sebagai alternatif maka event dilakukan secara virtual.

Sementara itu Kadispar Kobar, Wahyudi berharap meskipun tahun 2021 kemungkinan besar pandemi Covid-19 belum berakhir, event-event yang telah ditetapkan dalam SK Bupati tetap dapat dilaksanakan sesuai komitmen, dan jika ada perubahan rencana baik dari segi waktu atau kepastian pelaksanaan agar dapat segera menyampaikan kepada Dispar Kobar.

“Hal itu dimaksudkan agar Dispar Kobar dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat. Selain itu, event-event yang dilaksanakan jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan. Agar event-event itu menjadi semakin menarik, mengkreasikan nama event dan bentuk promosi yang dibuat menjadi hal yang paling penting,” jelasnya.

Peserta rapat yang terdiri dari SOPD, kecamatan, desa dan komunitas berkomitmen untuk menyuguhkan event-event yang menarik dan diharapkan mampu mendongkrak pariwisata Kobar. Meskipun di masa pandemi, mereka berusaha maksimal dalam penyelenggaraan event yang telah mereka rencanakan.

Hasil Rapat ini sementara menetapkan 34 event yang akan diselenggarakan di tahun 2021. Semoga Pandemi covid-19 segera berakhir dan Kalender Event Wisata Kobar berjalan lancar dan sukses. (dispar kobar)