Pemkab Kobar Serahkan Bantuan Alsintan kepada 42 Kelompok Tani

Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana mewakili Pj Bupati Kobar secara simbolis menyerahkan bantuan Alsintan kepada kelompok tani.

MMC Kobar - Senin (17/10), Pj Bupati Kobar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani penerima bantuan. 

Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pertanian dan dihadiri, anggota komisi IV DPR RI Bambang Purwanto, Dandim 1014 Pangkalan Bun, Kapolres Kobar, kepala dinas/kepala badan di lingkungan Pemkab Kobar, Ketua  Satgas Saber Pungli Kobar, ketua dan pengurus kelompok tani/ gapoktan/ kelompok wanita tani, serta kelompok upja, para penyuluh pertanian, insan media serta tamu Undangan lainnya.

(Baca Juga : Kesbangpol Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan LPJ Bantuan Keuangan Parpol di Kobar)

Dalam sambutan Pj Bupati yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahban mengatakan, penyerahan alsintan ini merupakan upaya mendukung percepatan kegiatan optimalisasisi lahan untuk meningkatkan daya olah lahan, luas tanam, baik tanaman pangan maupun hortikultura yang merupakan kebutuhan pokok. 

“Pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan menjadi prioritas utama pemerintah, maka pemerintah berkewajiban mendukung ketersediaan sarana pertanian terutama alsintan,” ujar Tengku Ali Syahbana.

Beberapa Alsintan yang diserahkan

Alsintan yang diserahkan berupa traktor roda dua sebanyak 9 unit, cultivator 10 unit, angkutan roda tiga 2 unit, hand sprayer elektrik 50 unit, yang keseluruhannya tersebar di 25 desa pada 5 kecamatan, dengan penerima sebanyak 42 kelompok penerima.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Kris Budi Hastuti menuturkan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya memfasilitasi kebutuhan alat mesin pertanian. Salah satu kebijakan pemerintah dalam penyediaan alsintan tersebut adalah melalui kegiatan bantuan alat dan mesin pertanian melalui dana APBN. 

“Dengan adanya bantuan alat mesin pertanian tersebut seyogyanya petani akan lebih giat dan bersemangat dalam berusaha tani karena permasalahan kelangkaan tenaga kerja pada sektor pertanian terutama tanaman pangan dan hortikultura dapat teratasi secara efektif dan efisien,” tutur Kris.

Kris menambahkan beberapa kegiatan lain yang difasilitasi Dinas Pertanian melalui APBN diantaranya bantuan ternak sapi sebanyak 60 ekor tersebar di Kecamatan Kumai, Pangkalan Banteng dan Pangkalan Lada, bantuan ternak kambing sebanyak 50 ekor yang tersebar di Kecamatan Pangkalan Banteng dan Arut Selatan.

“Kemudian bantuan ayam buras sebanyak 200 ekor yang tersebar di Kecamatan Pangkalan Lada dan Arut Selatan, bantuan benih/bibit dan saprodi pengembangan komoditas hortikultura seluas 40 hektar tersebar di Kecamatan Pangkalan Lada, Arut Selatan, Kumai, Kotawaringin Lama,” terang Kris.

Selain itu, lanjutnya Kris, bantuan kegiatan rehabilitasi pembangunan jalan usaha tani di kelompok Tani Lestari Mukti Desa Sungai Hijau Kecamatan Pangkalan Banteng, Kelompok Tani Manca Terapung Desa Pangkalan Banteng Kecamatan Pangkalan Banteng dan kelompok tani Pangestu Desa Purbasari Kecamatan Pangkalan  Lada. 

“Kami berharap para petani /kelompok tani /kelompok wanita tani/ gapoktan, maupun kelompok usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) dapat mengelola alsintan secara professional. Sehingga dalam pemanfaatan dan mengelola alsintan dapat secara mandiri dan professional,” tutup Kris. (distankobar)

(Foto bersama) - Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana, Kepala Distan Kris Budi Hastuti dan Tamu undangan bersama kelompok tani penerima bantuan Alsintan.