Pemkab Kobar Laksanakan Kick Off Meeting Program PPAS Tahun 2022

MMC Kobar - Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 dan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, penyedian tempat tinggal dan lingkungan hidup yang layak, baik, dan sehat bagi warga negara adalah tanggung jawab negara yang harus imbangi dengan penyediaan air minum dan sanitasi memadai maka membutuhkan koordinasi multisektor dan multiaktor.

Mempertimbangkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Kelompok Kerja Perumahan, Pemukiman, Air Minum, dan Sanitasi (Pokja PPAS) pada Kamis (28/7) menyelenggarakan Kick-Off Meeting PPAS.

(Baca Juga : RSSI Pangkalan Bun Terima Tim Penilaian Rumah Sakit Pelayanan Prima 2018)

Kegiatan yang digelar di ruang rapat lantai 2 Bappeda Kobar ini dihadiri Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kobar yang tergabung dalam Pokja Sanitasi dan AMPL, Pokja/PKP, AMPL, PPAS. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekteratiat Daerah Akhmad Yadi.

Mewakili Sekretaris Daerah, Ahmad Yadi menyampaikan bahwa pembangunan bidang perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi akan difokuskan pada pemenuhan pelayanan dasar serta mengatasi dan mencegah stunting.

“Selain itu, perumahan, air minum, air limbah merupakan indikator pencapaian standar pelayanan minimum yang wajib dipenuhi oleh daerah,” kata Yadi.

Yadi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memulai pelaksanaan program dan kegiatan bidang perumahan, air minum dan sanitasi di Kabupaten Kobar tahun 2022, sehingga tersedianya rencana kerja dan tindak lanjut dalam pelaksanaan program dan kegiatan bidang perumahan, air minum dan sanitasi dan sebagai bahan persiapan perencanaan tahun 2023.

Kegiatan tersebut juga berisikan presentasi dan diskusi panel yang diisi oleh para narasumber dari Bappedalibang Provinsi Kalteng, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalteng, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, dan Dinas Lingkungan Hidup Kobar. (humas bappeda kobar)