Pemkab Kobar Kembali Raih Predikat WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2020

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. Opini WTP yang diterima Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat ini merupakan yang ketujuh kalinya secara berturut-turut dari tahun 2014.

Penghargaan disampaikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Ade Iwan Ruswana pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD TA 2020 kepada Bupati di 10 kabupaten dan 1 kota wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Acara penyerahan digelar di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah pada Jumat (28/5).

Dalam sambutannya, Ade Iwan Ruswana menyampaikan bahwa fokus audit LKPD TA 2020 ini adalah pemeriksaan kas, baik pada Kas Umum Daerah maupun Kas Dana BOS, BLUD, Belanja Tidak Terduga (BTT) Penanggulangan Pandemi Covid-19 serta Pendapatan Hibah dan Persediaan. Lebih lanjut Ade menambahkan bahwa sesuai dengan amanat Undang-undang, maka Pemerintah Kabupaten/Kota diberikan waktu 60 hari sebagai masa aksi tindak lanjut atas temuan pemeriksaan.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bekerja keras sehingga Kobar dapat mempertahankan predikat WTP untuk yang ketujuh kalinya. “Saya berharap, keberhasilan ini bisa dijadikan motivasi supaya kinerja Pemkab Kobar semakin baik dan bebas dari korupsi. Ke depan, Pemkab Kobar akan terus berusaha agar capaian ini terjaga dan kita perketat pengawasan serta sistem pengelolaan keuangan daerah dengan benar agar tepat sasaran,” kata Hj Nurhidayah.

“Ini adalah hasil kekompakan seluruh tim yang terlibat dan semoga tidak membuat kita berpuas diri,” tambahnya.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala BPKAD Kobar Rochim Hidayat pada Senin (31/5) mengatakan bahwa predikat WTP ketujuh kalinya yang diterima Pemkab Kobar merupakan hasil kerja keras bersama. "Ini semua hasil kerja keras kita semua dan Alhamdulillah kita memperoleh hasil yang bagus. Semoga di tahun berikutnya LKPD kita bisa lebih baik lagi dari pada tahun ini,” ucap Rochim. (bpkad kobar)