Pemkab Kobar Gelar Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar Ahmad Yadi memberikan sambutan sekaligus membuka Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun bertempat di Brits Hotel Pangkalan bun, Senin (10/07). Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar Ahmad Yadi mewakili Pj Bupati.

Dalam sambutannya, Ahmad Yadi mengatakan Pemkab Kobar dapat meremajakan kelapa sawit pekebun melalui sosialisasi, terlebih untuk PT sawit dan pekebun yang ada di Kobar agar lebih bijak dalam pemilihan lahan yang strategis dan tidak menggangu permukiman warga.

(Baca Juga : Dinkes Kobar Gandeng Kader PKK Menjadi Mitra Penggerak Germas)

"Saya yakin bahwa bagaimanapun sumber daya alam yang kita miliki dapat dinikmati bersama," ucap Ahmad Yadi.

"Tolong lahan-lahan pertanian itu tetap kita pertahankan jangan sampai beralih menjadi lahan sawit,” imbau Ahmad Yadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kris Budi Hastuti menilai sosialisasi ini sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Kobar. Menurutnya, dalam upaya inilah pemerintah melaksanakan kegiatan peremajaan kelapa sawit sebagai bentuk keberpihakan kepada pekebun rakyat untuk  meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kelapa sawit rakyat guna menjaga luasan lahan dan keberlanjutan usaha perkebunan kelapa sawit di Kobar.

(Foto Bersama) - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kadis Pertanian, Narasumber, Tamu Undangan dan Peserta Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, Senin (10/7)

“Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan dan mensinergikan pelaksanaan peremajaan sawit pekebun yang mengacu pada Permentan Nomor 03 Tahun 2022,” ungkap Kris.

Sosialisasi yang dihadiri oleh camat, lurah, kepala desa, balai penyuluh pertanian, Koperasi Unit Desa (KUD) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) ini berlangsung selama satu hari. Narasumber kegiatan yakni Domingos Neves dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, M.Kalil dari Kepolisiam Resor Kobar, Mokhamad Dwi Kuwanto dari ATR/BPN Kobar dan Sigit Wibisono dari UPT KPHP Kobar Uni XXII dan XXVI.

Pada kesempatan yang sama, Sigit Wibisono dalam paparan materinya tentang perencanaan dan pemanfaatan hutan berharap agar masyarakat mengerti dalam mengelola lahan dan memanfaatkan hutan dengan sebaik baiknya serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. (dok. dsy/yv. foto.tyo, diskominfo kobar)