Pemkab Kobar Gelar Rakordal Kegiatan Pembangunan Triwulan III Tahun 2021

Kepala Bappeda Menyampaikan Laporan dan Sambutan pada Rakordal Tri Wulan III Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggran 2021 di Aula Bappeda, Kamis (21/10). (Humas Bappeda)

MMC Kobar - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Kegiatan Pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Triwulan III Tahun Anggaran 2021 dengan tema ‘Akselerasi Pencapaian Sasaran RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ketenagakerjaan’ yang diselenggarakan di Aula Bappeda, Kamis (21/10). Rapat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riyansyah dan dihadiri oleh seluruh Kepala SOPD dan camat se-Kobar.

Kepala Bappeda Kobar, Amir Hadi dalam laporannya menyampaikan, rapat koordinasi ini diharapkan dapat mengidentifikasi secara dini serta mengantisipasi permasalahan yang timbul dan atau mungkin timbul untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan koreksi agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan acuan dan rencana yang telah ditetapkan.

(Baca Juga : Kominfo Siap Cetak SDM Andal Untuk Adaptasi dengan Revolusi Industri 4.0)

“Hasil yang ingin dicapai pada Rapat Koordinasi Pengendalian atau Rakordal Triwulan III Tahun 2021 yang pertama adalah adanya konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan, dan pelaporan. Kedua, memberikan gambaran tentang realisasi pelaksanaan rencana seluruh program, kegiatan, serta kinerja pelaksanaan RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2017-2022 serta renstra SKPD,” jelas Amir.

“Ketiga, adanya akselerasi tersusunnya rumusan upaya pencapaian sasaran RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat 2017-2022 pada bidang pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wabup Ahmadi Riyansyah menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian untuk pencapaian target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Kobar Tahun 2017-2022 yaitu:

  1. Melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap program/ kegiatan
  2. Fokus  mendorong peningkatan pencapaian target indikator tujuan indeks pembangunan manusia dan angka kemiskinan oleh perangkat daerah yang terkait dalam urusan pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan
  3. Mendorong terwujudnya koordinasi dan sinergi lintas sektor dalam mendukung pencapaian target RPJMD, termasuk langkah-langkah adaptasi serta inovasi yang perlu dilakukan dalam kondisi pandemi covid-19.

“Diminta kepala perangkat daerah dapat melakukan akselerasi dalam mendukung pencapaian sasaran RPJMD bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan, dengan menciptakan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi yang sesuai dengan porsi dukungan masing-masing. Serta selalu melibatkan pimpinan wilayah baik camat maupun kepala desa dan kelurahan serta seluruh unsur pemerintahan dalam upaya peningkatan IPM maupun mengatasi tingkat pengangguran terbuka dalam hal penyediaan informasi data-data yang manjadi pendukung bagi teknis pelaksana. (humas bappeda kobar)