Pemkab Kobar Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

Peserta Musrenbang RKPD yang mengikuti secara luring di Aula Bappeda Kobar

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di aula kantor Bappeda, Kamis (31/3). Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daeraj Kobar Suyanto.

Dalam sambutan Bupati Kobar yang dibacakan oleh Sekda Suyanto menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan sebagai sarana untuk mendapatkan kesepakatan akhir dalam mensinkronkan program dan kegiatan antar SKPD untuk mendukung prioritas pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam RKPD. Berdasarkan rancangan RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat bahwa tema pembangunan tahun 2023 adalah “Akselerasi Ekonomi dan Sumber Daya Lokal Disertai Peningkatan Sumber Daya Manusia Menuju Kotawaringin Barat Sejahtera dan Mandiri” dengan tetap memperhatikan SPM dan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

(Baca Juga : Calon Peserta Sipencatar TA 2021/2022 Asal Kobar Ikuti Simulasi SKD Melalui Sistem CAT)

Melalui Forum Musrenbang, lanjut Suyanto,Tim Bappeda dan SKPD melakukan pembahasan terhadap Rencana Kerja (Renja) SKPD dengan fokus pembahasan keterkaitan program dan kegiatan pada Renja SKPD, khususnya yang berasal dari usulan Musrenbang Kecamatan, pokok-pokok pikiran dewan, serta prioritas daerah.

“Hasil diskusi pada kegiatan ini, nantinya akan terlampir dalam berita acara hasil kesepakatan musrenbang penyusunan RKPD Tahun 2023,” imbuh Suyanto.

Sekretaris Daerah Kobar, Suyanto menyampaikan sambutan pada kegiatan Musrenbang RKPD 2023.

Pada Kesempatan yang sama, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi tantangan buat Pemerintah Daerah kedepannya. Pemerintah Daerah agar dapat memberikan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan dan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Kobar.

Hj Nurhidayah berharap agar semua perangkat daerah meninggalkan ego sektoral, berkomitmen dan fokus bersama-sama mengarahkan pembangunan dalam mendukung prioritas dan arah kebijakan pembangunan tahun 2023 yang telah ditetapkan.

“Semua perangkat daerah agar lebih memprioritaskan pada program dan kegiatan yang secara langsung berkaitan dengan pencapaian target pembangunan daerah yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat 2023-2026,” kata Bupati.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kobar, Forkompimda Kobar, Kepala SOPD, pimpinan instansi vertikal, perwakilan perusahaan dan BUMN/BUMD, asosiasi profesi, yayasan/ organisasi/ LSM, tokoh masyarakat baik secara luring maupun daring. (dsy/diskominfo kobar)

Penandatanganan Berita Acara Hasil Musrenbang RKPD Tahun 2023.