Pemkab Kobar Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022

Kepala Bappeda menyampaikan laporan pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 yang digelar di aula Bappeda, Kamis (25/02/2021)

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana  Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kotawaringin Barat untuk penyusunan RKPD Kobar Tahun 2022, bertempat di Aula Bappeda pada Kamis (25/02). Pelaksanaan FKP ini selain dilaksanakan dengan sistem offline (tatap muka langsung) juga diikuti peserta secara online melalui zoom meeting .

FKP Ranwal RKPD Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten dan seluruh Kepala SOPD lingkup Pemkab Kobar, pimpinan instansi vertikal, unsur perguruan tinggi, organisasi profesi, unsur pimpinan BUMN/BUMD, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat dan Tim Ahli selaku narasumber dari Universitas Brawijaya dan para undangan lainnya.

(Baca Juga : Pemkab Kobar dan Pemkab Pulang Pisau Teken MoU Pemanfaatan Aplikasi e-Kinerja)

Mengawali sambutannya Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah menyampaikan keberhasilan Pembangunan Kabupaten KobarTahun 2020 yang penuh tantangan dan ketidakpastian akibat Covid-19, namun dengan dukungan semua masyarakat pada Tahun 2020 Kabupaten Kobar di bidang ekonomi masih bisa mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 0,89 % disaat ekonomi nasioanal terkontraksi -2,07%.

“Kotawaringin Barat juga masih bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dan menurunkan tingkat kemiskinan dari 4,11% di tahun 2019 menjadi 3,59% atau turun sebanhyak 1.304 jiwa tahun 2020,” terang Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa dalam dapat lebih produktif. Ada 6 poin yang ditekankan Bupati Hj Nurhidayah dalam penyusunan perencanaan tahun 2022, yakni :

  1. Memprioritaskan pada belanja-belanja yang bersifat wajib dan bertujuan untuk pencapaian target SPM dan SDGs;
  2. Memprioritaskan program dan kegiatan yang berkaitan langsung dengan pencapaian target-target dalam RPJMD yang harus diselesaikan pada tahun 2022;
  3. Pekerjaan dalam program dan kegiatan harus bersifat menyentuh masyarakat secara langsung;
  4. Mendorong investasi di daerah dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  5. Perangkat daerah agar mencari sumber-sumber pembiayaan pembangunan lainnya maupun peluang kerjasama dengan pihak ketiga dengan pola public private partnership;
  6. Membangun komitmen dengan seluruh stakeholder baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat untuk mendukung pencapaian target-target pembangunan yang telah disepakati.  

Disampaikan Bupati juga bahwa hasil pelaksanaan FKP Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022 sangat erat hubungannya dengan R-APBD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2022.

“Mari kita merapatkan barisan, berkolaborasi secara sinergis sesuai peran dan kapasitas masing-masing untuk mencapai target-target pembangunan yang telah kita sepakati. Keberhasilan pembangunan Kotawaringin Barat merupakan keberhasilan kolektif dari seluruh level. Oleh karena itu kepada semua pihak mari kita tingkatkan peran aktif dalam proses perencanaan, mengawal pelaksanaan, dan monitoring pada setiap aktivitas pembangunan agar seluruh hal yang kita rencanakan dapat terlaksana dengan capaian yang terbaik,” jelas Bupati.

Sementara  itu Kepala Bappeda Kobar Amir Hadi selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa tujuan penyelenggaraan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kobar Tahun 2021 diantaranya adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022 dengan menitikberatkan aspek teknokratis, menghimpun aspirasi para pemangku  kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022.

“Selain itu juga untuk memperoleh rumusan sementara prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2022 dan Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka anggaran dan kerangka regulasi menurut Organisasi Perangkat Daerah,” terang Amir.

Amir Hadi menambahkan bahwa penyusunan rancangan awal RKPD ini sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian tahapan penyusunan perencanaan meliputi persiapan, orientasi penyusunan RKPD, musrenbang desa/kelurahan dan musrenbang kecamatan yang telah menghasilkan sejumlah usulan kegiatan yang akan didanai melalui alokasi dana APBD.

Materi FKP Ranwal RKPD 2020 diantaranya, Paparan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2022 oleh Tim Pendamping dari Universitas Brawijaya. Selanjutnya  Perumusan Rencana Prioritas Pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022 dan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Prioritas Pembangunan Tahun 2022.

Keluaran atau hasil dari pelaksanaan FKP Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kobar Tahun 2022 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan Awal RKPD Tahun 2022, yang meliputi Rencana Program dan Kegiatan Prioritas Daerah, Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022. (humas bappeda)