Pemkab Kobar Berkomitmen Terus Tingkatkan Nilai SAKIP

Bupati Kobar Hj Nurhidayah melaksanakan koordinasi dengan jajaran Kemenpan RB pada Kamis (6/2).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) berkomitmen akan meningkatkan capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hasil evaluasi nilai SAKIP di tahun 2019 lalu, Kobar meraih  nilai B. Jika dibandingkan nilai di tahun 2018 yang memperoleh nilai CC, raihan di tahun 2019 membaik.

Namun demikian, Pemkab Kobar tidak ingin berpuas diri, Pemkab Kobar menargetkan raihan nilai SAKIP di tahun 2020 ini adalah A sesuai Rencana Strategis (Renstra) 2017-2022. Untuk mewujudkan hal itu Bupati Kobar Hj Nurhidayah yang didampingi ketua DPRD, Sekda, Kepala SKPD dan Kepala Bagian terkait, melaksanakan koordinasi dengan jajaran Kemenpan RB pada Kamis (6/2).

(Baca Juga : Dispursip Kobar Terima Kunjungan Kaji Banding Komis III DPRD Kabupaten Kotim)

Bertempat di kantor Kempan RB Jakarta, Rombongan Bupati diterima oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan.

Hj Nurhidayah mengungkapkan raihan nilai SAKIP ini penting artinya karena merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Nilai SAKIP sekaligus bertujuan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented goverment),” kata Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga akan berupaya mengefektifkan budaya kinerja, antara lain dengan melakukan pembinaan SAKIP yang intensif kepada seluruh perangkat daerah, sehingga implementasi SAKIP di seluruh perangkat daerah semakin membaik.

"Prinsipnya kita akan terus berupaya memperbaiki kinerja pemerintah daerah, yang pada gilirannya akan berdampak pada nilai SAKIP, dan kegiatan konsultasi dan koordinasi dengan pada hari ini, untuk mengumpulkan saran masukan dari kementerian RB demi meraih target kita menjadi lebih baik lagi," lanjut Hj Nurhidayah. (prokom kobar)