Pemkab Kobar Bentuk Tim Koordinasi API Award 2021

Bupati Kobar Hj Nurhidayah memimpin rapat koordinasi Pembentukan Tim Koordinasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021di ruang rapat Bupati, Kamis (25/02/2021)

MMC Kobar - Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 telah berakhir. Tiga nominasi terbaik di setiap kategori telah diumumkan. Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 sedang dalam persiapan menunggu jadwal penyelenggaraan di Labuan Bajo-NTT, namun penyelenggara secara paralel juga telah membuka pelaksanaan ajang API Award ke-6 tahun 2021.

Kabupaten Kotawaringin Barat yang pada API Award 2020 telah berhasil meraih Nominasi Terbaik kategori Makanan Tradisional terpopuler yaitu Coto Manggala, mulai bersiap-siap untuk mengikuti ajang API Award 2021. Sebagai langkah awal persiapan mengikuti ajang tersebut pada Kamis (25/2) diadakan rapat koordinasi Pembentukan Tim Koordinasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 yang dipimpin langsung oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah di ruang rapat Bupati.

(Baca Juga : KPU Kalteng Raih Penghargaan Terbaik Pertama Kategori Kesiapan Data Pemilih Tahun 2019)

Agenda rapat koordinasi ini adalah untuk membentuk tim yang akan menyeleksi kategori yang akan diikutsertakan dalam ajang tersebut. Inventarisasi kategori telah dilakukan oleh tim Dispar Kobar dan selanjutnya akan digodok lagi oleh tim koordinasi yang terbentuk pada rapat kali ini. Ada 18 kategori yang dibuka oleh penyelenggara API Award ke-6 tahun 2021.

Kadispar Kobar, Wahyudi dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan API 2021 dimulai dengan tahap pendaftaran pada bulan Februari-Mei, tahap pengumuman nominasi pada bulan Mei, promosi pemilihan pada bulan Juni-Oktober dan hasilnya akan diumumkan pada bulan Nopember.

“Diharapkan pada API Award 2021 ini Kobar dapat mengikuti semua kategori sesuai kriteria yang ada dan merebut juara umum sehingga dapat mengangkat nama Kobar serta menjadi ajang promosi obyek wisata yang ada di Kotawaringin Barat,” kata Wahyudi.

Apresiasi diberikan oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah kepada Tim Dispar dan stakeholder pariwisata yang telah bekerja keras mengembangkan potensi di sektor pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu prioritas dalam visi misi Bupati Kobar periode ini. Oleh karena itu beliau berharap Dinas Pariwisata, stakeholder pariwisata juga berperan aktif dalam memajukan pariwisata Kobar.

“Promosi pariwisata bisa lebih digiatkan melalui media sosial/IT sebagai bentuk komunikasi kepada masyarakat,” kata Hj Nurhidayah.

Pada tahun 2022 direncanakan akan dibangun pusat kuliner di pasar Bahari yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang akan berkunjung ke TNTP. Selain itu wisatawan lokal juga merupakan target pasar yang tidak boleh ditinggalkan. Informasi tentang destinasi yang ada di Kobar harus sampai juga ke wisatawan lokal baik sekedar mengetahui maupun berkunjung sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Dalam hal ajang API Award 2021 ini Hj Nurhidayah mengusulkan Danau Sepingit dan Danau Asam untuk kategori Surga Tersembunyi. Bupati berpesan agar tim koordinasi yang terbentuk segera menentukan nominasi yang akan diusulkan.

“Semoga API Award 2021 ini Kobar dapat memberikan hasil yang terbaik sehingga memacu semangat insan pariwisata Kobar untuk bangkit lagi,” harap Hj Nurhidayah.

Salam Pesona Indonesia. (dispar kobar)