Pemkab Kabar Salurkan 104 Sapi Kurban kepada Masyarakat

MMC Kobar – Dalam rangka peringatan Iduladha 1444 H/2023 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyerahkan secara simbolis sebanyak 104 ekor sapi kurban kepada masyarakat. Secara simbolis penyerahan dilaksanakan pada Rabu (28/6) di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan oleh penjabat (Pj) Bupati.

Hewan Kurban yang disalurkan pada tahun ini sebanyak 86 ekor bersumber dari dana hibah Pemkab Kobar yang disalurkan melalui melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan 18 ekor yang berasal dari sumbangan pihak ketiga baik perusahaan swasta, BUMN, BUMD, asosiasi profesi. Sapi kurban akan disalurkan kepada masyarakat melalui masjid, mushola, pondok pesantren, dan TPA Islam yang ada.

(Baca Juga : Kobar Raih Juara Pertama Stand Terbaik di Pameran Kalteng Quality Expo 2019)

Dalam sambutannya Pj Bupati Budi Santosa mengatakan, sapi dibeli dari peternak lokal di sentra peternakan rakyat di Kobar yang bertujuan untuk mendukung pemberdayaan para peternak yang ada. Budi juga menyampaikan terima kasih kepada PHBI dan semua pihak yang telah memberikan sumbangan sapi qurban serta memberikan sumbangsihnya atas pelaksanaan kegiatan ini. 

“Terimakasih juga kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan dan mendukung terlaksananya rangkaian kegiatan penerimaan dan penyaluran hewan kurban Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Budi.

Pj Bupati juga berpesan agar sapi kurban dapat dibagikan kepada fakir miskin, anak yatim, dan kaum dhuafa yang ada di wilayah kerja masing-masing. Ia juga meminta para camat, lurah, kades, dinas pertanian khususnya petugas teknis peternakan dan penyuluh pertanian di lapangan untuk mengawal pelaksanaan pemotongan ternak dan pendistribusian daging sapi qurban ini. 

Budi berharap agar kolaborasi antara pemerintah daerah, PHBI dan pelaku dapat terus terjalin dengan baik, demi pembangunan masyarakat Kotawaringin Barat yang lebih sejahtera. (fdl/prokom setda)