Pembukaan Kembali Destinasi Wisata Bugamraya

Pemberitahuan dari Dinas Pariwisata Kobar atas dibuka kembalinya Destinasi Wisata Bugam Raya.

MMC Kobar - Setelah beberapa waktu lalu destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ditutup bagi wisatawan karena pandemi Covid-19, akhirnya pada Senin (1/2) terbit Surat Edaran Bupati Kobar yang menyatakan bahwa Pariwisata boleh reaktivasi kembali.

Ada beberapa poin dalam surat edaran tersebut, diantaranya adalah sektor pariwisata dibuka mulai tanggal 2 Februari 2021, reaktivasi diberikan untuk tempat wisata yang memenuhi standar pelaksanaan protokol kesehatan dan memiliki sertifikasi aman Covid-19 membatasi jumlah pengunjung 50% dari total kapasitas pengunjung yang bisa ditampung dan tidak memperkenankan pengunjung dengan kategori ibu hamil, manula, dan orang dengan penyakit bawaan (komorbid) yang beresiko tinggi tertular covid-19.

(Baca Juga : Hari Pertama Puasa, Damkar Kobar Kembali Ingatkan Agar Waspadai Bahaya Kebakaran di Bulan Ramadhan)

Pemberlakuan jam operasional untuk wisata kuliner/warung makan/kafe paling lambat sampai dengan jam 22.00 WIB serta penyelenggaraan acara/kegiatan tidak diperkenankan menghadirkan jasa hiburan (live music) hanya diperkenankan sound system (musik) dengan rekaman.

Pembukaan kembali destinasi wisata ini disambut gembira oleh para pelaku usaha wisata dan masyarakat Kobar yang sudah lama tidak berkunjung ke tempat-tempat wisata. Bagi pelaku usaha wisata, pembukaan destinasi wisata ini akan meningkatkan kembali ekonomi mereka yang sempat terpuruk. Masyarakat Kobar yang sudah rindu akan hiburan mendapatkan angin segar kembali untuk dapat menikmati destinasi wisata terutama Bugamraya yang masih menjadi ikon wisata Kobar.

Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Wahyudi juga menyambut gembira reaktivasi pariwisata ini. Wahyudi berpesan kepada para pengelola destinasi terutama destinasi Bugamraya untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu mengingatkan pengunjung untuk mematuhi 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Pembukaan kembali destinasi wisata bugamraya ini juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang merupakan indikator kinerja utama Dinas Pariwisata. Selain itu, target PAD dari sisi pariwisata dapat tercapai di tahun 2021 ini,” ujar Wahyudi, Selasa (2/02).

“Marilah kita tetap berwisata tanpa meninggalkan protokol kesehatan sehingga imun kita meningkat dan Covid-19 segera lenyap,” imbuhnya. (dispar kobar)