Peluncuran dan Sosialisasi Aplikasi Jaksa Menjawab

Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tengku Ali Syahbana menyampaikan sambutan pada acara Launching dan Sosialisasi Aplikasi Jaksa Menjawab.

MMC Kobar – Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan sosialisasi sekaligus launching aplikasi pelayanan hukum gratis berbasis digital “Jaksa Menjawab” pada Selasa (24/5) di Aula Bupati Kobar. Aplikasi dibangun untuk memudahkan dalam pelayanan terkait hukum bagi masyarakat Kabupaten Kobar.

Dalam sambutannya Kejari Kobar Makrun mengatakan bahwa yang menjadi leading sector aplikasi ini adalah bidang perdata dan tata urusan negara. Lebih lanjut Makrun mengatakan jika dulu masyarakat yang akan berurusan terkait pelayanan hukum datang ke kantor kejaksaan, saat ini sudah bisa diatasi dengan aplikasi Jaksa Menjawab, sehungga memudahkan masyarakat Kobar berurusan dalam pelayanan hukum.

(Baca Juga : Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Dinas Dikbud Kobar Gelar Pendampingan Fasilitasi Berdasarkan SNP)

“Dalam aplikasi tersebut ada beberapa fitur yang dapat digunakan masyarakat, yakni masyarakat bisa melakukan pengaduan pelayanan hukum melalui sms, telpon, video call bahkan zoom meeting kapanpun dan dimanapun. Pengaduan masyarakat akan dilayani pada saat jam kerja,” kata Makrun.

Pada kesempatan yang sama, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar Tengku Ali Syahbana mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mendukung atas terobosan dan inovasi baru yang dilakukan pihak Kejari Kobar dalam memudahkan masyarakat untuk berurusan di bidang perdata dan tata urusan negara.

Kejari Kobar Makrun memberikan sambutan pada saat launching aplikasi.

“Semoga aplikasi ini bisa disosialisasikan di lapisan masyarakat Kobar. Pemerintah daerah akan mendukung terobosan Kejari Kobar melalui aplikasi tersebut,” ujar Tengku.

Tengku berharap pemerintah daerah dan forkompimda dapat saling bersinergi, berkolaborasi dan berkesinambungan. “Sehingga kedepannya dapat membangun Kobar khususnya dalam bidang hukum maupun persoalan yang terjadi di masyarakat bisa kita sosialisasikan sehingga masyarakat dapat lebih memahami tupoksi dari bidang perdata dan tata urusan negara terkait persoalan hukum,” lanjut Tengku mengakhiri sambutannya.

Peluncuran dan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Assisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD dan jajarannya, camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Kobar. (dsy)

Kepala Diskominfo Kobar Rody Iskandar menghadiri launching aplikasi berbasis digital Jaksa Menjawab di aula Bupati, Selasa (24/5/2022)