Kawal Prokes di Tempat Wisata, BPBD Kobar Terus Lakukan Patroli dan Pengawasan

Personil BPBD Kobar membagikan masker kepada pengunjung di objek wisata Jumat (6/5).

MMC Kobar - Walau tingkat penyebaran virus Covid-19 sudah menurun, namun kewaspadaan tetap harus dijaga. Pasalnya kelalaian dapat menyebabkan penyebaran bencana non alam tersebut kembali meningkat. Untuk itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat mengimbau masyarakat untuk taat Protokol Kesehatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni mengungkapkan di tengah musim libur lebaran 2022 menjadi sangat rawan terjadinya peningkatan kembali penyebaran virus Covid. "Perlu diingat jika Covid masih ada. Kelonggaran dari pemerintah untuk bisa mudik dan berkunjung ke tempat-tempat wisata jangan membuat kita lalai dengan Prokes," ungkapnya.

(Baca Juga : Bupati Lakukan Penanaman Perdana PSR KUD Karya Tani)

Oleh karena itu, sejak Senin (2/5) hingga Minggu (8/5), personil BPBD Kobar melakukan patroli sekaligus pengawasan prokes kepada para pengunjung objek wisata di Kubu hingga Keraya. "Tim kami berpatroli di sepanjang pantai dan tempat-tempat berkumpulnya pengunjung untuk membagikan masker dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap disiplin prokes," ujarnya.

Giat patroli BPBD Kobar tersebut tidak hanya melakukan pengawasan prokes, namun juga memantau keamanan pengunjung yang menaiki kapal penyebrangan maupun yang berenang di pantai. Pengawasan mulai dari rompi keselamatan, memastikan penumpang tidak melebihi kapasitas kapal, serta mengimbau kepada orang tua agar mengawasi dengan seksama anak-anaknya yang berenang di pantai.

Personil juga berkoordinasi dengan instansi yang juga bergerak di lokasi wisata, antara lain personil dari TNI Polri, KSOP Kumai, Dishub, Polairud, Basarnas, dan pihak terkait lainnya. Semua bergerak untuk memastikan keamanan dan kenyamanan untuk pengunjung wisata. (bpbd kobar)

Selain membagikan Masker, Personil juga memberikan penyuluhan kepada pengunjung untuk tetap disiplin Prokes