Mulai Operasikan Armada Angkutan Sampah Baru, DLH Kobar Gelar Doa Bersama dan Tampung Tawar

Acara doa bersama dalam rangka pengoperasian armada angkutan sampah, Jumat (28/1). Foto: Dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dalam rangka mulai mengoperasikan armada angkutan sampah hasil pengadaan tahun 2021, Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Jumat (28/1) menggelar acara doa bersama dan tampung tawar untuk armada tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala DLH Kobar Fitriyana mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan sampah di Kobar, DLH Kobar telah menambah 4 unit truk pengangkut sampah berupa 2 unit dump truck dan 2 unit arm roll truck,  3 unit kontainer sampah dan 10 unit kendaraan sampah roda 3 yang digunakan untuk menunjang pekerjaan petugas pelayanan kebersihan sampah.

(Baca Juga : Kesepakatan Bersama Antara Pemkab Kobar dengan Kantor Kemenag, MUI dan FKUB Kobar)

"Empat unit truk, tiga unit kontainer dan sepuluh unit kendaraan sampah roda tiga ini merupakan hasil pengadaan belanja modal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Tahun Anggaran 2021 Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sub Bidang Lingkungan Hidup," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa jumlah sampah yang terus bertambah sudah semestinya dibarengi juga dengan penambahan sarpras sebagai penunjang bagi petugas di lapangan.

Sebelum armada tersebut dioperasikan digelar acara ritual Tampung Tawar yang merupakan budaya identitas Kobar. Menurut kepercayaan masyarakat Kobar, hal ini dilakukan supaya semua armada tersebut bisa digunakan dengan baik dan lancar serta diberi keselamatan dalam pengoperasiannya.

Kepala DLH Kobar Fitriyana menampungtawari armada angkutan sampah berupa dump truck dan arm roll truck, Jumat (28/1). Foto: Dok. DLH Kobar

Fitriyana secara langsung melakukan tampung tawar dengan penyiraman/pengibasan air dengan menggunakan daun kelapa yang masih hijau. “Semoga truk dan tosa ini bisa digunakan untuk menunjang kinerja para petugas kebersihan di lapangan dan semoga lancar,” pungkas Fitriyana. (dlh.kobar/edt:mri)

Kepala DLH Kobar Fitriyana menampungtawari armada angkutan sampah berupa kendaraan angkutan sampah roda 3, Jumat (28/1). Foto: Dok. DLH Kobar