Pelihara Kerukunan Umat Beragama di Kobar, FKUB dan Kesbangpol Adakan Sosialisasi Moderasi Beragama Tahun 2024

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti saat memberikan sambutan pada Kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama di Aula Bhineka Tunggal Ika Badan Kesbangpol Kobar, Senin (30/09/2024).

MMC Kobar – Dalam rangka menjaga silaturahmi dan memelihara kerukunan umat beragama, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kobar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama di Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (30/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bhineka Tunggal Ika Badan Kesbangpol Kobar ini diikuti oleh ± 80 orang peserta yang berasal dari tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga dihadiri Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kobar H. Mulyono dengan menghadirkan narasumber dari Ketua FKUB Kobar Abdul Kadir, Kapolres Kobar yang diwakili Kasat Binmas Iptu Wiyoto dan Dandim 1014/Pbn yang diwakili Kasdim Kapt. Sumarna.

(Baca Juga : Camat Arsel Hadiri Sertijab di Wilayah Kecamatan Arsel)

Pada prinsipnya moderasi beragama bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai beragama secara moderat dan saling menghargai hak tiap-tiap insan untuk memilih keyakinan serta cara hidup yang mereka anut. Konsep ini dijalankan secara universal, menjadi jembatan kerukunan antar umat beragama dimanapun berada.

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Fagant didampingi Kemenag H. Mulyono, Ketua FKUB Kobar Abdul Kadir, Kasat Binmas Iptu Wiyoto dan Kasdim 1014/Pbn Kapt. Sumarna pada Kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama di Aula “ Bhineka Tunggal Ika” Badan Kesbangpol Kobar, Senin (30/09/2024).

Saat memberikan sambutan pembukaan kegiatan, Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti mengatakan kegiatan ini merupakan satu bentuk implementasi peran dan fungsi FKUB di Kobar dalam menjaga kerukunan umat beragama, dengan harapan FKUB Kobar mampu mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus mampu mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, baik yang terjadi saat ini maupun permasalahan yang akan dihadapi.

Alhamdulillah tahun ini FKUB Kobar sudah mulai menunjukkan aktivitasnya seperti yang kita harapkan, karena ujung tombak daripada pemersatu kita dari berbagai perbedaan khususnya di bidang agama ini adalah forum ini, kami Kesbangpol terbantu dengan adanya Forum ini karena tidak sanggup mempertemukan semua pemeluk agama sehingga mereka bisa duduk bersama berdiskusi seperti yang dilakukan pada pagi hari ini,” ujar Edie.

Lebih lanjut, Edie Faganti mengingatkan kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang hadir untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan saling menghormati antar umat beragama yang lain dan hal ini tidak terjadi di negara lain di dunia.

"Tidak ada satu negara pun di dunia ini yang menginginkan Indonesia ini makmur, aman, tentram dan damai karena negara-negara kaya raya semua berkeinginan dengan sumber daya alam kita, salah satu yang paling gampang dipecah dari sudut agama, karena Indonesia itu negara yang beragama dan agamanya bermacam-macam, cukup hancurkan persatuan dan kesatuan umat beragamanya akan hancur dengan sendirinya Indonesia,” tegas Edie Faganti. (Humas Kesbangpol)

Para Peserta pada Kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama di Aula “ Bhineka Tunggal Ika” Badan Kesbangpol Kobar, Senin (30/09/2024).