Sosialisasikan Bahaya Kebakaran, TK Tunas Rimba Pangkalan Bun Kunjungi Mako Damkar

Satpol PP Dan Damkar Kobar melalui Kasi Kesiapsigaan Bidang Damkar, Adrianus memberikan sosialisasi bahaya kebakaran dihadapan siswa TK Tunas Rimba Pangkalan Bun di Mako Damkar (7/3)

MMC Kobar - Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mendapat kunjungan Taman Kanak-Kanak Tunas Rimba Pangkalan Bun beserta guru pendamping, Sabtu (7/3/20). Siswa TK yang rata-rata masih berusia 5-6 tahun ini, diberi penjelasan soal kebakaran dan cara menghindarinya. 

Kepala Seksi Pencegahan Satpol PP dan Damkar Kobar, Adrianus, mengatakan anak-anak yang berkunjung ke Mako Damkar berasal dari sekolah TK Tunas Rimba sebanyak 50 siswa, dan didampingi lima guru.

(Baca Juga : Dinas Perikanan dan Bapas Pangkalan Bun Lakukan Kerjasama Pembinaan Klien Pemasyarakatan )

Puluhan anak-anak ini mendapatkan sosialisasi penanggulangan kebakaran. Mereka juga diperkenalkan tentang tugas pokok pemadam kebakaran, selain tugas utama memadamkan kebakaran pemadam kebakaran juga menangani evakuasi binatang buas, penyelamatan hewan yang terjebak atau jatuh kedalam sumur, pencarian orang hilang, evakuasi pohon tumbang, banjir. serta pengenalan peralatan penanggulangan kebakaran.

"Pengenalan ini diberikan agar siswa TK, sejak dini sudah bisa mengetahui tupoksi pemadam kebakaran dan memahami tentang bahaya kebakaran dan penanggulangannya," ujar Kasi Kesiapsiagaan Adrianus.

Setelah diberi pengertian peralatan penunjang petugas pemadam kebakaran dan tupoksinya, seluruh siswa diajari cara menggunakan nozle atau pemancar pemadam yang berguna untuk mengaliri air dari unit ke pemancar untuk memadamkan kebakaran.

Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Tunas Rimba Pangkalan Bun Hj. Susilowati, merespon positif kegiatan ini. Dia berharap, setelah sosialisasi ini para siswa tidak lagi bermain api sembarangan, karena sudah tahu bahaya kebakaran.

"Kami berikan apresiasi kepada para petugas pemadam kebakaran karena anak-anak dapat ilmu tentang penanggulangan kebakaran, bahkan sekaligus diperkenalkan peralatan pemadam kebakaran," katanya Hj. Susilowati. (Pol PP Damkar Kobar)