Pelatihan KPM dan Rumah Desa Sehat se-Kecamatan Pangkalan Banteng

Sekretaris Kecamatan Pangkalan Banteng, Hazriannsyah saat memberikan sambutan saat pembukaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Rumah Desa Sehat se-Kecamtan Pangkalan Banteng, Kamis (16/7).

MMC Kobar - “Butuh kebesaran Jiwa, pengorbanan yang besar serta kemauan yang kuat bagi setiap kader dan Pengurus Rumah Desa Sehat di desa karena mereka bergerak dan bekerja demi kemajuan wilayah mereka dengan dukungan dana yang minim dan tanpa mengharapkan keuntungan sedikitpun”.

Demikian disampaikan Sekretaris Kecamatan Pangkalan Banteng, Hazriansyah, saat membuka Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Rumah Desa Sehat se -Kecamatan Pangkalan Bateng.

(Baca Juga : Permudah Urus Perizinan, Dinas PMPTSP Kobar Buka Akses Layanan Melalui HALLO PTSP)

Pelatihan yang dilaksanakan pada Kamis (16/7) di Aula Kantor Kecamatan Pangkalan Banteng ini dihadirimasing masing satu orang Kader KPM dan lima orang Pengurus Rumah Desa Sehat se-Kecamatan Pangkalan Banteng yang digagas dan dilaksanakan Pemerintah Kecamatan sendiri dalam upaya memaksimalkan peran serta kader KPM dan Pengurus Rumah Desa Sehat yang ada di tiap desa.

Lebih lanjut Sekretaris kecamatan Pangkalan Banteng menyampaikan bahwa Kader KPM dan Rumah Desa Sehat ini telah dibentuk pada tahun 2019 sesuai fungsi dan tugas mereka dengan tujuan meningkatkan pencegahan penyakit, peningkatan promosi kesehatan. Namun demikian, tidak dikesampingkan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan utamanya bagi penduduk miskin.

“Pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat desa tidak dapat dilakukan sepenuhnya oleh tenaga medis yang ditugaskan pemerintah di desa, harus ada dukungan dari masyarakat dalam bentuk relawan maupun kader dalam mewujudkan tujuan desa sehat,” Jelas Hazriansyah.

Selanjutnya pelatihan yang rencana dilaksanakan selama dua hari ini dilanjutkan dengan penyampaian materi yang menghadirkan narasumber dari tiga instansi yaitu dari Tenaga Ahli Dinas BPMD, Kepala Puskesmas Karang Mulya serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Materi yang disampaikan terkait Konsep Desa Sehat, Konvergensi pencegahan stunting di desa. (kec-pangkalan banteng)