Damkar Kobar Siap Berkompetisi dalam NFSC 2024 pada HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan Indonesia

Pj. Bupati Kobar Foto Bersama Kontingen NFSC 2024 Damkar Kobar (Foto by Damkar Kobar)

MMC Kobar - Kontingen Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan mengikuti kompetisi National Firefighter Skill Competition (NFSC) 2024 yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Politeknik Penerbangan Surabaya pada Selasa (27/2). Kompetisi ini merupakan rangkaian kemeriahan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia.

Sebelum berangkat ke Surabaya, 1 tim yang terdiri dari 8 orang yang akan mengikuti kompetisi nasional keahlian aparatur pemadam telah menghadap Pj Bupati Kobar Budi Santosa di di rumah jabatan bupati untuk berpamitan sekaligus memohon doa dan arahan, Kamis (22/2).

(Baca Juga : Peringati HUT ke-49, PPNI Kobar Gelar Aksi Donor Darah)

Sebanyak 50 tim dari damkar seluruh indonesia mengikuti kompetisi tersebut. Adapun keterampilan yang akan dilombakan dalam kompetisi ini adalah Hose LayingLadder Pitching, dan Survival yang ketiganya berperan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) atau skill para personel Dinas Damkar dan Penyelamatan Kobar serta melatih dan meningkatkan maupun ketahanan dan ketangguhan fisik sebagai personel pemadam.

Kontingen NFSC 2024 Damkar Kobar Saat Menerima Arahan Dari Pj. Bupati Kobar (Foto by Damkar Kobar)

Budi Santosa berpesan agar tetap fokus dan serius dalam mengikuti kompetisi tersebut, juga tidak lupa untuk tetap menjaga keselamatan kesehatan dan kebugaran tubuh agar prima saat bertanding. Selain menjaga keselamatan dan kesehatan, Budi juga menekankan pentingnya menjaga kekompakkan sesama tim dengan selalu mengedepankan semangat demi mengharumkan nama kobar.

“Jaga terus kekompakkan, saat berkompetisi, dan jadikan momen ini pengalaman berharga bagi rekan-rekan sekalian. Sehingga setelah selesai bertanding, pengetahuan dan keterampilannya semakin terasah dan dapat diterapkan dalam lingkungan kerja sebagai bentuk peningkatan kemampuan diri,” kata Budi

“Sekali lagi, juara bukan tujuan akhir, jalin tali silahturahmi yang baik dengan pemadam kebakaran yang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kobar Syahruni mengatakan, kepala bidang dan juga kasi sudah menyeleksi anggotanya sejak 1 bulan setengah yang lalu, untuk personil sudah melalui latihan terus menerus sebelum diberangkatkan ke surabaya.

"Kami Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat baru pertama kali mengikuti kompetisi ini. Jadi  siap tidak siap harus siap dan semaksimal mungkin tampilkan yang terbaik. dan juga untuk rekan-rekan kerja dan teman-teman semua khususnya masyarakat kobar jangan lupa dukung dan doakan kami memberikan yang terbaik dan pulang ke kotawaringin barat dengan keadaan selamat," tutup Syahruni. (rz/damkarkobar)