Pelatihan ASN Penyuluh Pertanian Angkatan VI Hadirkan Narasumber dari Dinas Kominfo Kobar

MMC Kobar – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diundang menjadi narasumber dalam Pelatihan ASN Penyuluh Pertanian Angkatan VI Tahun 2021 pada Kamis (27/5). Sebanyak 3 narasumber dari Diskomonfo Kobar yang dipercaya mengisi materi pada pelatihan tersebut, yakni Kepala Diskominfo Kobar, Rody Iskandar, S.Sos.,M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Febri Sri Hartini, S.Pt.,M.A.P, Kepala Seksi Kehumasan Muhammad Rozani Irawan, S.Kom dan Pengelola Media dan Kemitraan Media, Yuristyanto Dewangga.

Pelatihan yang digelar Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar ini diikuti sebanyak 30 orang Penyuluh Pertanian di Kobar. Pelatihan ini digelar selama 3 hari dan dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas TPHP di Aula Dinas TPHP.

Plt Kepala Dinas TPHP Kobar Kris Budi Hastuti mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan penyuluh pertanian ini adalah untuk meningkatkan kinerja penyuluh, kapasitas petugas pertanian dan penguatan penyelenggaraan kelembagaan pertanian.

“Selain itu, pelatihan ini dimaksudkan untuk menjalin koordinasi dan jejaring kostratani dengan pemanfaatan teknologi informasi,” kata Kris.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kobar, Rody Iskandar, sebagai narasumber pada hari pertama kegiatan berharap melalui pelatihan ini para penyuluh pertanian di Kobar dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang IT, karena saat ini telah memasuki industri era 4.0. “Sehingga mau tidak mau kita harus meningkatkan kemampuan kita di bidang IT,” ucap Rody.

Pada hari pertama, Kamis (27/5), disampaikan materi mengenai Peran Teknologi Informasi dalam Penyuluhan Pertanian di Era Pertanian 4.0 oleh Kepala Diskominfo Kobar, Rody Iskandar. Pada hari kedua, Jumat (28/5) disampaikan pengantar materi oleh Febri Sri Hartini, kemudian materi mengenai Membuat Media Penyuluhan Pertanian Audio Visual dan Membuat Media Penyuluhan Pertanian Tercetak masing-masing disampaikan oleh Yuristyanto Dewangga dan Muhammad Rozani Irawan. (diskominfo kobar)