Pelajar Kobar Ikuti Gema Cermat

Keseruan peserta saat mengikuti permainan di acara sosialisasi Gema Cermat bagi pelajar di Aula Dinkes Kobar, Selasa (25/9). (nisa/uunx dinkes)

MMC KOBAR - Untuk memberikan pengetahuan kepada pelajar mengenai penggolongan obat dan meningkatkan pemahaman penggunaan obat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (25/9), menggelar sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) di Aula Dinkes Kobar.

Gema Cermat merupakan gerakan secara serentak dan berkesinambungan secara nasional dalam rangka percepatan upaya peningkatan kesadaran, kepedulian, pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pemilihan dan penggunaan obat secara tepat dan rasional, serta peningkatan peran apoteker di sektor pelayanan kefarmasian dalam memberikan informasi dan edukasi yang memadai bagi masyarakat dengan dasar pelaksanaan kegiatan sesuai SK Menteri Kesehatan Nomor HK 02.02/Menkes/427/2015.

(Baca Juga : Presiden: Manfaatkan OOC 2018 untuk Kepentingan Nasional)

“Sebelumnya kita sudah menyasar ke masyarakat baik ibu rumah tangga, kelompok pengajian dan kader kesehatan. Yang belum itu generasi milenial anak jaman now, jadi kami pikir mereka juga perlu tahu supaya kedepannya tidak terjadi lagi penyalahgunaan obat,” kata Kasi Kefarmasian, Alkes dan PKRT Nunik Aulia saat dimintai keterangannya disela-sela kegiatan, Selasa (25/9).

Nunik melanjutkan, narasumber kegiatan ini adalah pejabat dari Dinkes Kobar sedangkan fasilitator kegiatan adalah apoteker dari pengurus cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Kobar. Kemudian untuk peserta kegiatan terdiri dari 5 SMA dan 10 SMP, dimana masing-masing sekolah mengirimkan 10 pelajar dan diutamakan yang tergabung dalam PMR atau Pramuka Bakti Husada.

Sosialisasi yang menyasar pelajar sebagai peserta ini, dimaksudkan agar pelajar bisa lebih cerdas dalam menggunakan obat dimulai dari membeli, mendapatkan, menggunakan, menyimpan sampai membuang limbah sehingga penggunaan obat rasional di masyarakat dapat terwujud. (nisa/uunx dinkes)