Peduli Sampah, TP PKK Kobar dan DWP Bhayangkari Kobar Gelar Kegiatan Kelola Sampah

Kiri: Ibu-ibu anggota DWP Bhayangkari Polres Kobar sedang mengumpulkan sampah plastik, Selasa (8/10). Kanan: TP-PKK Kobar sedang menyerahkan secara simbolis sampah plastik yang telah dikumpulkan oleh para anggotanya, Sabtu (19/10). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bhayangkari Polres Kobar mulai bergerak mengumpulkan, memilah dan menabung sampah.

Hal ini terlihat dari kedatangan ibu-ibu anggota TP-PKK Kobar membawa kumpulan sampah yang sudah dipilah untuk ditabungkan ke Bank Sampah Induk (BSI) Berkah Jaya Plastindo pada Sabtu siang (19/10).

(Baca Juga : Apel Gelar Personil dan Sarpras di Kabupaten Kobar)

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama ibu TP PKK, DWP Bhayangkari Polres Kobar dengan Bank Sampah Induk (BSI) Berkah Jaya Plastindo yang notabene merupakan binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar melalui program menabung sampah plastik.

Kegiatan ini atas dasar kepedulian terhadap permasalahan sampah terutama sampah plastik yang merupakan penyumbang terbanyak atas timbulan sampah yang ada di lingkungan masyarakat.

Menurut Direktur Bank Sampah bahwa para ibu-ibu anggota TP-PKK Kobar dan DWP Polres Kobar telah mengumpulkan sampah plastik yang berasal dari para anggotanya dan dikumpulkan ke unit bank sampah yang ada di tempat mereka masing-masing dan kemudian baru disetorkan ke bank sampah induk

"Mereka secara proaktif bekerjasama dengan secara rutin menyetorkan sampah-sampah plastik ke BSI Berkah Jaya Plastindo, kami sangat senang atas kerjasama ini. Semoga pundi-pundi uang bisa terkumpul dari sampah sebagai tambahan penghasilan bagi mereka", ujar Syamsul.

Menurut Kepala DLH Kobar melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor, S.P., M.Si mengatakan bahwa DLH Kobar sangat menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas kerjasama yang dibangun yang telah dibangun dengan DLH Kobar melalui  bank sampah induk.

“Kami sangat mengapresiasi kepada ibu-ibu baik dari Tim Penggerak PKK Kobar maupun dari DWP Bhayangkari atas kepedulian mereka yang ikut serta dalam menanggulangi sampah terutama sampah plastik", ujar Robi.

Diharapkan dari elemen masyarakat lainnya mempunyai kepedulian yang sama, sehingga permasalahan sampah yang ada di Kobar dapat diatasi secara bersama-sama.

“Kami menunggu peran serta warga atau elemen masyarakat lainnya atas kepedulian terhadap pengelolaan sampah yang ada di Kobar, apalagi beberapa hari yang lalu Menteri LHK RI telah mengeluarkan surat edaran tentang Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah,” pungkasnya. (karlan08/dlh.kobar)